Apakah Makanan yang Digoreng Baik Buat Sarapan? Ini Faktanya

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 03 Okt 2018 05:42 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Makanan yang digoreng, seperti tahu hingga sosis enak disantap sebagai menu sarapan. Meski sering dianggap tak sehat tapi ternyata hal ini tak sepenuhnya benar.

Kebanyakan orang Indonesia sarapan dengan makanan yang digoreng, seperti nasi uduk disantap dengan tempe dan tahu goreng. Atau sarapan dengan telur hingga sosis goreng.

Banyak orang yang menganggap bahwa makanan yang digoreng tidak sehat, karena kandungan lemak pada minyak. Dilansir One HowTo (02/10), berikut beberapa fakta dibalik sarapan dengan makanan yang digoreng.

Baca Juga: Dijamin Ketagihan! Ini 10 Gorengan Enak yang Cocok Buat Sarapan


1. Lebih Baik Dari Melewatkan Sarapan

Apakah Makanan yang Digoreng Baik Buat Sarapan? Ini FaktanyaFoto: iStock
Meski bukan jenis makanan yang paling sehat untuk sarapan, tapi konsumsi makanan yang digoreng jauh lebih baik dibandingkan melewatkan sarapan.

Menyatap sedikit makanan di pagi hari, membantu tubuh untuk befungsi normal setelah puasa selama waktu tidur. Makanan yang digoreng tidak terlalu buruk untuk menu sarapan, karena tubuh akan segera memproses makanan sebagai sumber energi. Apalagi jika Anda memiliki aktivitas yang banyak.


2. Membantu Kurangi Lemak

Apakah Makanan yang Digoreng Baik Buat Sarapan? Ini FaktanyaFoto: iStock
Sebagai menu sarapan, makanan yang digoreng ini sudah terpapar minyak. Minyak menambah konten lemak di dalam makanan, sehingga meningkatkan jumlah kalori. Tak heran banyak orang yang menghindari makanan gorengan di pagi hari.

Akan tetapi menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak di pagi hari, dapat membantu tubuh untuk mengurai lemak dan karbohidrat sepanjang hari. Hal ini kontras jika Anda menyantap sarapan dengan karbohidrat tinggi, di mana tubuh lebih sulit mencernanya.


3. Hindari Makanan Ini

Apakah Makanan yang Digoreng Baik Buat Sarapan? Ini FaktanyaFoto: iStock
Tentu saja ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika sarapan. Anda harus menghindari makanan deep-fried, atau proses penggorengan yang menggunakan banyak minyak. Seperti ayam goreng tepung, hingga gorengan seperti bakwan, atau tahu isi.

Hal ini dikarenakan, semakin banyaknya minyak yang ada di makanan akan menambah kandungan lemak, sehingga membuat tubuh sulit merubahnya menjadi energi. Ini termasuk makanan manis, seperti donat.


4. Makanan yang Aman Untuk Sarapan

Apakah Makanan yang Digoreng Baik Buat Sarapan? Ini FaktanyaFoto: iStock
Jika makanan yang menggunakan metode deep-frying harus dihindari saat sarapan. Lantas makanan gorengan apa yang baik untuk sarapan? Semua makanan gorengan cukup aman dikonsumsi, selama penggunaan minyak ketika menggorengnya diawasi.

Seperti membuat telur goreng, atau omelette, bisa gunakan sedikit minyak dan tambahkan irisan sayuran di sana. Sehingga nutrisi dan vitaminnya masih ada.


5. Penggunaan Minyak Goreng

Apakah Makanan yang Digoreng Baik Buat Sarapan? Ini FaktanyaFoto: iStock
Hindari menggoreng makanan dengan minyak kedelai, minyak jagung, hingga minyak canola karena jenis minyak ini mengandung omega-6 lemak yang dapat memicu peradangan dalam tubuh.

Salah satu minyak yang paling sehat, dan aman digunakan ada minyak zaitun. Minyak ini kaya akan anti oksidan, dan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, dibandingkan dengan menggunakan minyak lain.

Lalu hindari memasukan makanan ketika minyak sudah terlalu panas, karena tingginya suhu minyak dapat melepaskan kandungan carcicogenic, yang tidak terlalu bagus untuk tubuh.

Baca Juga: 8 Nasi Goreng Ini Sedap dan Enak, Pilih yang Mana Buat Sarapan? (sob/odi)