Ini 7 Makanan Enak yang Dipercaya Mampu Menyusutkan Lemak di Perut

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 29 Sep 2018 10:15 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Lemak di perut yang menonjol sangat menggangu penampilan. Melalui makanan, tonjolan lemak bisa menyusut. Seperti asupan makanan yang populer sebagai penghancur lemak ini.

Lemak yang bergelambir pada perut tak disukai orang. Selain bisa menurunkan kepercayaan diri, perut buncit juga tidak menyehatkan. Dilansir dari Best Health 6 makanan ini populer karema mampu mengurangi lemak pada perut.

Baca juga : 5 Makanan Pembakar Lemak

1. Susu Rendah Lemak

Asupan yang bisa membakar lemak pada perut adalah kalsium. Kalsium memiliki hubungan kuat pada komposisi tubuh, seperti yang ditunjukkan oleh 90 penelitain dalam jurnal Nutrition Review. Ketika tubuh Anda tidak cukup kalsium, tubuh akan mengeluarkan hormon yang bisa memungkinkan menahan lemak pada perut. Kandungan kalisum bisa Anda dapatkan pada susu rendah lemak seperti yogurt atau keju swiss.

Ini 7 Makanan Enak yang Dipercaya Mampu Menyusutkan Lemak di PerutFoto: Thinkstock

2. Oat dan Barley

Menurut sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, serat juga bisa membakar lemak pada perut. Anda bisa mengonsumsinya sebagai pengganti nasi putih. Asupan serat bisa Anda dapatkan pada gandum dan barley. Serat larut pada gandum dan barley merupakan pilihan tepat untuk menghilangkan lemak perut. Selain itu juga tidak meningkatkan gula darah sebanyak beras putih atau beras merah.

3. Teh hijau

Selain bisa memerangi kanker dan penyakit jantung, dengan meminum teh hijau juga bisa mengecilkan perut . Hal tersebut telah dibenarkan oleh sebuah penelitian di Journal of Nutrition. Berkhasiatnya teh hijau, Karena kandungan katekin yang bisa meningkat metabolisme, sehingga bisa menghancurkan lemak pada perut. Disarankan untuk minum sebanyak 4 hingga 6 cangkir dalam sehari.

Ini 7 Makanan Enak yang Dipercaya Mampu Menyusutkan Lemak di PerutFoto: Istimewa

4. Telur

Penelitian Journal of Nutrition, juga mengatakan bahwa protein bisa membakar lemak perut. Mengurangi kalori merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan, asalkan jangan mengurangi protein terlalu banyak. Protein ternyata juga bisa membakar lemak yang ada pada perut. Dengan memenuhi asupan protein bisa mengurangi rasa lapar lebih baik dibandingkan dengan karbohidrat. Anda bisa dapatkan kandungan protein pada telur.

5. Walnut dan Almond

Tidak semua lemak itu jahat. Dalam tubuh juga memerlukan lemak baik yang bisa membasmi lemak jahat, terutama pada perut. Lemak baik tersebut ada pada walnut dan almond. Hal tersebut telah dibuktikan oleh studi dari Archives of Internal Medicine yang melibatkan 1.200 peserta. Selain lemaik baik, walnuti juga dilengkapi dengan kapur, serat, dan protein. Walnut adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 nabati yang baik. Sedangkan almond memberikan manfaat dalam bentuk kalsium.

Ini 7 Makanan Enak yang Dipercaya Mampu Menyusutkan Lemak di PerutFoto: Istock

6. Ikan salmon

Ingin menghilangkan lemak dengan memakan lemak memang terdengar aneh. Tetapi, lemak yang dimakan itu merupakan lemak omega-3 yang terdapat pada kandungan ikan salmon. Bahkan dokter diet banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi ikan salmon untuk membakar lemak pada perut. Hal tersebut telah dibenarkan oleh penelitian di British Jpurnal of Nutrition. Selain pada ikan salmon, asupan ini pada jenis ikan berminyak lainnya, seperti ikan tenggiri dan ikan tuna. Disarankan untuk mengonsumsi sebanyak dua kali seminggu.

7. Blueberry

Kandungan anthocyanin pada buah bluberry juga bisa membantu Anda dalam mengurangi lemak di perut. Pernyataan tersebut dibuktikan oleh penelitian di University of Michigan di Ann Arbor yang melibatkan tikus pada penelitiannya.

Kandungan anthocyanins-phytonutrisi pada blueberry memiliki efek pada gen yang mengatur metabolisme lemak. Peneliti menyarankan untuk konsumsi satu cangkir blueberry segar sehari agar mendapatkan manfaat maksimal.

Baca juga : Cabai Bisa Membakar Lemak?

(adr/odi)