Selain Diminum, Aroma Harum Teh Hitam Juga Bisa Redakan Stres

Riska Fitria - detikFood Kamis, 06 Sep 2018 09:46 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Teh hitam sejak ratusan tahun silam dikenal menyehatkan. Kini peneliti temukan aroma wangi teh hitam juga bikin rileks.

Teh hitam atau black tea merupakan salah atu jenis teh yang banyak digemari di dunia. Meskipun rasanya sedikit pahit dan pekat. Ini karena teh hitam dipercaya bisa menjaga tubuh tetap sehat.

Peneliti Jepang percaya teh hitam bisa mengurangi stres kortisol. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan dalam tubuh ketika sedang mengalami stress.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology, efek pengenceran dua jenis aroma teh hitam yaitu Assam dan Darjeeling dievaluasi sebagai aroma pada stres fisik dan psikologis.

Selain Diminum, Aroma Harum Teh Hitam Juga Bisa Redakan StresFoto: Istock
Dilansir dari Food News (30/08) sebuah tim peneliti di Universitas Shizouka, Universitas Chubu, Mitsui Noorin Ltd, dan Universitas Tokai di Jepang telah merekrut 18 orang sehat yang berusia antara 20 dan 21 tahun untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Tim peneliti menginstruksikan para peserta untuk tidak mengonsumsi apapun kecuali air mineral selama tiga jam sebelum setiap percobaan dimulai.

Baca juga : Pencinta Teh, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hitam di Pagi Hari

Kemudian para peneliti memberi tekanan pada peserta dengan menggunakan tes psikologisosial yang disebut Oshida-Kriblin. Tes tersebut mencakup persoalan matematika yang harus diselesaikan dalam waktu 30 menit, yang dibagi menjadi dua sesi masing-masing 15 menit. Diantara sesi, para peserta diinstruksikan untuk menghirup aroma teh hitam atau paparan air hangat selama satu menit.

Lalu, peneliti menggunakan tingkat chromogranin A (CgA), protein asam yang diproduksi sebagai respons terhadap stres, sebagai indikator tekanan untuk menentukan efek menghirup teh hitam pada peserta.

Selain Diminum, Aroma Harum Teh Hitam Juga Bisa Redakan StresFoto: Istock
Hasil penelitian membuktikan bahwa peserta yang menghirup aroma teh hitam menunjukkan kadar konsentrasi CgA saliva yang lebih rendah setelah 30 menit tugas berat. Dibandingkan dengan mereka yang hanya terpapar air hangat.

"Hasil di atas menunjukkan bahwa menghirup teh hitam dapat mengurangi tingkat stres yang disebabkan oleh komputasional stress. Aroma teh Darjeeling cenderung meningkatkan suasana hati sebelum kehamilan," tulis peneliti.

Masing-masing dari teh hitam memberikan efek yang sama, tetapi teh Darjeeling memiliki konsentrasi jauh lebih tingg dari komponen anti-stres, seperti Hexanal, Hexanol dan Linalool, dibandingkan dengan teh Assam.

Sebelumnya, Hexanal dan Hexanol telah dipercaya bisa mengurangi reson stress mental pada tikus, sementara linalool memiliki efek menenangkan.

Baca juga : Perhatian 5 Hal Ini Saat Menyeduh Teh Hitam (dwa/odi)