Pria Ternyata Malu Menyantap Makanan Vegetarian, Ini Sebabnya

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Sep 2018 18:53 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Makanan vegetarian lebih banyak dipilih wanita dibandingkan pria. Hal tersebut lantaran pria merasa malu untuk makan vegetarian. Ini buktinya!

Pola makan vegetarian telah terbukti dapat memberikan manfaat kesehatan. Tetapi kebanyakan pria tidak memilihnya karena merasa malu saat dirinya harus makan sayur-sayuran. Istilah 'tidak makan daging, tidak maskulin' mungkin salah satu penyebabnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh sebuah penelitian dengan Man Food Project. Dilansir dari The Daily Meal (04/09) penelitian dilakukan dengan cara para peneliti duduk bersama dengan 22 orang Inggris untuk mengeksplorasi tekanan sosial dan budaya orang-orang untuk tidak memilih daging ketika makan.
Pria Ternyata Malu Menyantap Makanan Vegetarian, Ini SebabnyaFoto: Istock
Mereka dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu pria yang vegetarian karena alasan lingkungan, pria yang ingin berotot tanpa makan daging, dan pria yang bergantung pada makanan yang bersumber dari bank makanan, oleh karena itu tidak bisa makan banyak daging.

Baca juga : Wanita Vegetarian Terbukti Lebih disukai oleh Pria Lajang

"Mereka menyampaikan pengalaman berbeda yang menunjukkan rasa malu, atau menghindari masalah yang kadang-kadang membuat mereka makan daging, atau menawarkan daging kepada tamu di rumah mereka," kata ketua peneliti Dr. Emma Roe, yang juga seorang profesor di Universitas Southamptom.
Pria Ternyata Malu Menyantap Makanan Vegetarian, Ini SebabnyaFoto: Istock
Roe juga mengatakan biasanya pria lebih sering diharapkan menjadi tukang daging dan barbecuers masyarakat. Menurutnya makan hewan telah menjadi fitur utama dari sejarah peradaan manusia. Hal ini adalah demonstrasi antara manusia dan alam, karena kita bisa memakannya. Pria telah menjadi kekuatan dominan dalam peradaban manusia, jadi asosiasi makan daging lebih kuat terjadi pada pria daripada wanita.

Sebuah survei 2016 dari The Vegan Society juga menemukan bahwa pria lebih sering memilih produk sampingan daging dan hewan seperti mentega dan keju daripada wanita. Sekitar 63% vegan di Inggris pada tahun 2016 adalah wanita, sementara 37% sisahnya adalah pria.

Dari hasil penelitian tersebut, tim dari Man Food berharap bisa berkomunikasi dengan produsen makanan utama, untuk lebih menawarkan dan mensosialisasikan menu vegetarian kepada kaum pria. Ini supaya tidak ada lagi alasan malu bagi para pria.

Baca juga : Mau Jadi Vegetarian Seperti Mo Sidik? Ini Saran Ahli Gizi (dvs/odi)