Minum Susu Saat Sarapan Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 22 Agu 2018 05:08 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Susu tidak hanya kaya akan kalsium. Kandungan protein di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Susu biasanya diminum langsung, atau disantap dengan sereal dan biskuit. Mengonsumsi segelas susu ketika sarapan, dapat meningkatkan energi yang dibutuhkan tubuh sepanjang hari.

Baca Juga: Mengapa Susu Baik Dikonsumsi Saat Sarapan?

Dilansir Hindustan Times (20/08), H. Douglas Goff, selaku ahli gizi dari Human Nutraceutical Research, di Kanada. Menyebutkan bahwa mengonsumsi susu tinggi protein untuk sarapan, memiliki kaitan dengan kadar gula darah.
Minum Susu Saat Sarapan Bisa Tekan Nafsu Makan hingga Kurangi Kadar GlukosaFoto: iStock
Susu yang dikonsumsi dengan sereal saat sarapan, terbukti dapat mengurangi konsentrasi kadar glukosa darah posprandial, dibandingkan hanya mengonsumsi air putih saja.

Para peneliti menyarankan untuk memilih susu berprotein tinggi. Ini karena susu berprotein tinggi, memiliki efek yang lebih signifikan untuk mengontrol glukosa darah dibandingkan dengan susu protein normal.

Selain mengontrol guloksa darah, mengonsumsi susu beprotein tinggi dapat mengurangi nafsu makan. Terutama setelah makanan kedua, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi susu biasa.
Minum Susu Saat Sarapan Bisa Tekan Nafsu Makan hingga Kurangi Kadar GlukosaFoto: iStock
Susu mengandung protein dan niacin, yang membuat perut lebih kenyang. Serta menjaga enzim berfungsi normal, dan membantu tubuh memproses gula dan lemak.

"Penyakit metabolik sedang meningkat secara global, dengan diabetes tipe 2 dan obesitas sebagai masalah utama dalam kesehatan manusia. Dengan demikian, ada dorongan untuk mengembangkan strategi diet, yang dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan obesitas. Serta untuk meningkatkan keperdulian terhadap kesehatan pribadi setiap orang," jelas Goff ketika ditanya tentang gagasan dari penelitian ini.
Minum Susu Saat Sarapan Bisa Tekan Nafsu Makan hingga Kurangi Kadar GlukosaFoto: iStock
Penelitian ini juga menemukan bahwa susu yang dikonsumsi dengan sarapan tinggi karbohidrat, dapat mengurangi glukosa darah bahkan setelah makan siang. Apalagi jika mengonsumsi susu berprotein tinggi, akan menghasilkan efek kesehatan yang lebih besar.

Selain sereal, susu juga cocok disantap dengan oatmeal, telur mata sapi dan roti, hingga buah alpukat dan pisang.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Sehat untuk Minum Susu Saat Sarapan (sob/adr)