Apa Iya Ngemil Popcorn Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Riska Fitria - detikFood Rabu, 08 Agu 2018 09:40 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Berdiet dan tetap bisa ngemil merupakan dambaan tiap orang. Katanya popcorn merupakan camilan terbaik saat turunkan berat badan. Benarkah?

Popcorn atau berondong jagung berada di urutan pertama sebagai makanan ringan yang bisa turunkan berat badan. Hal tersebut karena popcorn terbuat dari jagung yang mengandung serat tinggi dan rendah kalori.

Tapi, kalau Anda menambahkan mentega, keju atau saus karamel seperti popcorn yang biasa didapatkan di bioskop, itu sama saja dengan menambah kalori. Untuk itu, coba alternatif baru dengan membuat popcorn sendiri di rumah tanpa tambahan gula.

Ternyata ngemil bukanlah hal yang buruk. Karena bisa menjadi cadangan sampai mendapatkan makanan selanjutnya. Selain itu juga merupakan cara terbaik untuk menambah jenis makanan dalam asupan nutrisi harian.
Apa Iya Ngemil Popcorn Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?Foto: Istock
Rendahnya kalori pada popcorn menjadi pilihan camilan terbaik daripada camilan lain seperti keripik kentang dan kue mentega. Popcorn merupakan camilan yang bebas lemak dan bebas gula, sehingga tidak akan membuat menambah asupan kalori.

Selain itu, Popcorn juga bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan cara ini, bisa menghindari makan yang berlebih. Tapi, pastikan Anda tidak menambahkan rasa cokelat dan karamel Karena akan memberikan efek sebaliknya.

Baca juga : Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh Dunia

"Popcorn benar-benar makanan rendah kalori yang dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Tapi bukan popcorn yang dijual di bioskop atau microwave popcorn yang dilumuri mentega atau keju bubuk. Popcorn yang baik, yang dibuat tanpa minyak dan mentega, Popcorn yang dibuat dengan mentega hanya akan memberi asupan sekitar 30 kalori per cangkir. Anda bisa membumbui popcorn dengan sedikit garam dan bubuk cabai," ungkap Meher Mirza, seorang penulis makanan seperti dikutip dari food,ndtv (7/8).
Apa Iya Ngemil Popcorn Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?Foto: Istock
Popcorn 100% terbuat dari biji jagung alami. Jagung yang utuh mengandung serat, yang bisa membantu dalam meningkatkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi juga bisa membuat gerakan usus pada menjadi teratur dan terhindar dari sembelit.

Diet kaya serat juga diketahui bisa mengurangi kolesterol pada dinding pembulu darah, sehingga bisa menghindari Anda dari penyakit jantung dan penyakit lainnya.

"Serat dalam popcorn memperlambat metabolisme karbohidrat menjadi gula, oleh karena itu, menurunkan respon insulin. Popcorn adalah camilan sehat yang bagus untuk penderita diabetes dan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, satu harus hati-hati jangan memilih rasa yang mengandung mentega. Ini bisa menyesatkan dan mengarah pada masalah kesehatan yang serius. Pastikan pilih jagung berkualitas baik," ungkap Shilpa Arora, Ahli Nutrisi dan Kesehatan Makrobiotik.

Jadi, jika sedang menurunkan berat badan Anda bisa ngemil popcorn buatan sendiri tanpa gula dan garam. Coba tambahkan rempah-rempah untuk membuat popcorn lebih enak rasanya.

Baca juga : Popcorn Rasa Karamel Sudah Biasa, Kini Ada Popcorn Rasa Acar Mentimun


Simak Juga 'Nongkrong di Kafe Instragamable Sambil Makan Chicken Pop Corn':

[Gambas:Video 20detik]


Apa Iya Ngemil Popcorn Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?
(dvs/odi)