Berapa Banyak Sushi yang Aman Dimakan Setiap Minggu?

Riska Fitria - detikFood Selasa, 07 Agu 2018 09:06 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Pencinta sushi pastinya tak akan melewatkan makan sushi. Bisa tiap hari atau seminggu sekali. Lalu berapa batas aman konsumsi sushi?

Sushi tradisional Jepang dibuat langsung dari ikan tersegar untuk langsung dimakan. Karenanya muncul isu pencemaran logam berat terutama merkuri pada ikan. Jika daging ikan disantap mentah dan langsung tentu berdampak pada kesehatan.

'Sushi yang dibuat dari rumput laut, nasi, sayuran dan ikan segar adalah pilihan makanan yang sehat,' ungkap Barbie Boules, R.D.N seorang ahli diet di Illionis yang dikutip dari Women'sHealth (14/07).

Berapa Banyak Sushi yang Aman Dimakan Setiap Minggu?Foto: Istock
Lalu, bagaimana dengan kandungan merkuri yang terdapat pada ikan?

Menurut Claire Martin, R.D, co-founder dari Being Healthfull, merkuri menjadi pertimbangan saat konsumsi ikan laut segar. Keracunan merkuri dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, keterlambatan perkembangan, kerusakan otak, dan bahkan kegagalan organ.

Tetapi tidak semua ikan membawa risiko merkuri yang sama. "Semakin tinggi rantai makanan, semakin besar kemungkinan mengandung merkuri, yang tidak meninggalkan tubuh saat ikan mencernanya," katanya.

Baca juga : Hati-hati! 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi Saat Anda Makan Sushi

Berapa Banyak Sushi yang Aman Dimakan Setiap Minggu?Foto: Istock
Ikan yang lebih besar yang memakan ikan yang lebih kecil seperti ikan todak, tuna ahi, ikan bass, dan mackerel. Mereka cenderung memiliki tingkat merkuri lebih tinggi. "Anda harus mengganti jenis ikan ini pada sashimi, nigiri atau lainnya. Saya tidak akan makan ikan ini lebih dari dua kali seminggu," ungkap Martin.

Di sisi lain, Martin mengatakan maki sushi atau sushi gulung sering dibuat dari ikan yang jauh lebih rendah kandungan merkurinya seperti salmon, kepiting, udang dan belut. Ini berarti Anda bisa lebih sering memakannya.

Untuk mengimbangi nutrisi dan mengurangi asupan merkuri, Boules merekomendasikan dalam memesan sushi, pilih satu gulung yang terdiri dari lima potong, dengan ikan mentah rendah merkuri seperti salmon, lalu ditambah dengan pilihan sayuran atau udang dan kepiting yang dimasak.

Untuk wanita hamil dan anak-anak disarankan untuk tidak mengonsumsi sushi yang mengandung ikan mentah. Fusion sushi dengan semua bahan matang yang dibakar atau digoreng bisa jadi pilihan. (dwa/odi)