Pria Perlu Sering Konsumsi Makanan Ini Agar Spermanya Berkualitas

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 30 Jul 2018 17:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kualitas sperma yang menurun bisa sebabkan kemandulan pria. Tapi jangan khawatir, pria bisa meningkatkan kualitas sperma dengan konsumsi makanan sehat.

Para peneliti di Spanyol menemukan bahwa kacang-kacangan bisa meningkatkan kualitas dan fungsi sperma pada pria. Dikutip dalam Star2 (28/07), selama uji klinis secara acak selama 14 minggu. Sebanyak 119 pria muda yang sehat dan tampak subur dengan rentang usia antara 18-35 tahun ini dimasukkan ke dalam dua kelompok.

Satu kelompok mengikuti diet gaya Barat dengan menambahkan 60 gram atau kira-kira setengah cangkir campuran almond, hazelnut dan walnut setiap hari. Dan kelompok lainnya konsumsi makanan diet gaya Barat tanpa konsumsi kacang-kacangan.

Pria Perlu Sering Konsumsi Makanan Ini Agar Spermanya BerkualitasFoto: iStock

Peneliti kemudian mengukur parameter semen konvensional dan perubahan molekuler serta menemukan kelompok pria yang konsumsi kacang memiliki peningkatan jumlah sperma, vitalitas, motilitas dan bentuknya.

Baca juga: 10 Makanan Ini Harus Rutin Dikonsumsi Pria untuk Perbaiki Kualitas Sperma (1)

Albert Salas-Huetos, peneliti utama dari Human Nutrition Unit di Universitat Rovira i Virgili di Reus, Spanyol mengatakan bahwa penelitian ini dibuat dengan latar belakang penurunan dalam kuantitas dan kualitas sperma manusia di negara-negara industri. Hal ini dikarenakan banyaknya polusi dan tingkat merokok pria serta tren diet gaya Barat.

Diet Mediterania kaya akan buah, ikan, biji-bijian, kacang polong hingga minyak zaitun. Sedangkan diet gaya Barat biasanya mengandung daging merah dan olahan, makanan yang digoreng, produk susu tinggi lemak, telur, mentega dan minuman manis.

Ada banyak penyebab produksi sperma pria bermasalah. Misalnya saja penyebab medis seperti pembengkakan pembuluh darah yang mengeringkan testis, infeksi, tumor hingga masalah ejakulasi dini.

Pria Perlu Sering Konsumsi Makanan Ini Agar Spermanya BerkualitasFoto: iStock

Menurut Mayo Clinic di Amerika Serikat, terlalu banyak terpapar bahan kimia seperti benzena, toluena, herbisida dan pestisida bisa juga berkontribusi terhadap jumlah sperma yang rendah. Dan paparan sinar-x atau radiasi lainnya juga dapat mengubah produksi sperma.

Satu setengah cangkir kacang-kacangan bisa mengandung sekitar 400 Kkal. Tak hanya itu, diet kaya omega 3, antioksidan seperti vitamin C dan E, selenium, zinc dan folat bisa juga meningkatkan produksi sperma. "Perubahan gaya hidup sehat bisa membantu konsepsi," jelas Huetos.

Baca juga: Perbanyak Makan Tomat dan Brokoli Agar Volume Sperma Bertambah (lus/odi)