Cium Wangi Aroma Kopi Bisa Perkuat Kerja Otak, Ini Kata Peneliti

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 23 Jul 2018 06:37 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Wangi aroma kopi di pagi hari bisa memancing orang terbangun, merasa segar dna bersemangat. Ini alasan ilmiah di baliknya.

Telah banyak penelitian membuktikan khasiat sehat kopi. Bisa menyehatkan jantung, mempertajam daya ingat juga memperpanjang usia. Semuanya dibuktikan secara ilmiah.

Mungkin Anda tergolong orang yang tak bisa memulai hari tanpa kopi. Orang menyebutnya sebagai kecanduan. Tetapi peneliti punya bukti berbeda. Tidak perlu meminum kopi, mencium aroma kopi saja mampu memperkuat kerja otak.
Cium Wangi Aroma Kopi Bisa Perkuat Kerja Otak, Ini Kata PenelitiFoto: Instagram Seesaw Coffee Shanghai


Riset terbaru ini dipublikasikan di Journal Environmental Psychology. Aroma kopi yang dihirup punya efek placebo baik untuk memicu kemampuan kognitif untuk pekerjaan analisos yang menjadi lebih baik.

'Bukan hanya aroma kopi atau mirip kopi membantu orang mengerjakan tugas aniliss lebih baik,' ungkap Adriana Madzharov, from New Jersey's Stevens Institute of Technology School of Business.

'Mereka juga bisa mengerjakan tugas lebih baik dan kami menunjukkan bahwa hal ini sebagian terbukti melalui performa mereka,' ungkapnya seperti dikutip dari dailycoffeenews (18/7).

Untuk riset ini tim peneliti memberikan soal aljbar pada 100 mahasiswa sekolah bisnis. Satu grup mengerjakan soal dalam ruangan beraroma kopi. Sementara yang lain dalam ruangan biasa.

Cium Wangi Aroma Kopi Bisa Perkuat Kerja Otak, Ini Kata PenelitiFoto: Instagram @vintageandbluejeans

Hasilnya, mereka yang mengerjakan soal delam ruangan beraroma kopi secara signifikan nilainya lebih tinggi. Dibandingkan dengan mereka yang di ruangan biasa. Kemudian penelitian melanjutkan dengan durvei pada 200 orang.

Mereka diminta mencium aroma kopi dan aroma lainnya. Kemudian mereka ditanyai persepdi pada tiap aroma dan kemungkinan memberi efek pada performa kognitif mereka.

Penelitian menemukan bahwa mahasiswa percaya jika mereka merasa lebih waspada dengan adanya aroma kopi. Dibandingkan dengan aroma bunga atau tak ada aroma apa-apa. Peneliti menyimpulkan bahwa variasi performa bisa juga karna harapan.

"Penciuman adalah salah satu indera kita yang paling kuat,. Pengusaha, arsitek, pengembang bangunan, pengelola ruang ritel, dan lainnya, dapat menggunakan aroma lembut untuk membantu membentuk pengalaman karyawan atau penghuni dengan lingkungan mereka. Ini adalah bidang yang sangat menarik dan potensial, " kata Madzharov



Saksikan juga video 'Anak-Ortu Doyan Kopi, Ini Dampaknya untuk Kesehatan!':

[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)