Kunyah Permen Karet Sambil Jalan Bisa Bikin Pria Lebih Langsing

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 31 Mei 2018 14:21 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Penelitian di Jepang meneliti efek mengunyah permen karet ketika berjalan kaki. Dapat membantu tubuh lebih langsing, juga meningkatkan detak jantung.

Permen karet tidak hanya menyenangkan untuk dikunyah, permen ini juga memiliki varian rasa yang banyak. Selain bisa melenturkan otot wajah, permen karet ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Baca Juga: Katanya Permen Karet Ini Bisa Tingkatkan Daya Ingat, Percaya?
Kunyah Permen Karet Sambil Jalan Bisa Bikin Pria Lebih LangsingFoto: iStock
Dilansir The Daily Meal (29/05), sebuah hasil penelitian yang diterbitkan Journal of Physical Therapy Science, melaporkan bahwa mengunyah permen karet saat berjalan dapat meningkatkan detak jantung. Juga membakar lebih banyak kalori untuk pria.

Penelitian ini dilakukan di Waseda University di Tokyo, melalui satu kelompok uji coba yang mengunyah permen karet sambil berjalan selama 15 menit. Sementara kelompok yang lain menelan bubuk yang mengandung bahan permen karet, namun tidak mengunyahnya. Kemudian semua peserta berjalan kaki dalam kecepatan normal, dengan jarak, kecepatan, langkah, hingga detak jantung yang diukur.
Kunyah Permen Karet Sambil Jalan Bisa Bikin Pria Lebih LangsingFoto: iStock
Hasilnya menunjukkan, baik pria maupun wanita mengalami perubahan yang signifikan. Selama mereka berjalan kaki sambil mengunyah permen karet, terdapat perbedaan signifikan dari detak jantung mereka, dibandingkan yang tidak mengunyah permen karet.

Sementara peserta wanita yang mengunyah permen karet, tidak mengalami pembakaran kalori yang cukup signifikan. Sebaliknya, pembakaran kalori ini justru terlihat pada peserta pria. Para peserta pria yang berusia di usia pertengahan 40 tahun, membakar kalori lebih banyak dari peserta lainnya.

"Mengunyah permen karet saat berjalan, mempengaruhi fungsi fisik dan fisiologis," ungkap para peneliti.
Kunyah Permen Karet Sambil Jalan Bisa Bikin Pria Lebih LangsingFoto: iStock
Penelitian ini juga didukung oleh perusahaan Lotte, produsen permen karet terbesar ketiga di dunia. Selain itu, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara sinkronisasi jantung dengan mengunyah permen karet.

"Dapat disimpulkan bahwa permen karet meningkatkan denyut jantung. Serta mungkin meningkatkan fungsi fisik, ketika melangkah dan berjalan kaki." pungkas Masashi Miyashita, selaku profesor dari Waseda University, sekaligus salah satu peneliti dari fungsi permen karet ini.

Baca Juga: Konsumsi Permen Karet Membuat Orang Kurang Suka Makanan Sehat


(sob/odi)