Apa Benar Minum Air Garam Berkhasiat? Ini Jawaban Ahli Kesehatan

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Mei 2018 14:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Belakangan ini minum air garam teratur diklaim bisa bikin tubuh sehat. Apakah benar? Lalu apa alasan kesehatannya?

Dilansir dari Independent (26/5) beberapa ahli kesehatan tengah menyoroti tren minum air garam yang diklaim memiliki efek baik untuk tubuh. Beberapa ahli setuju namun ada juga yang menampiknya.

Ahli kesehatan yang setuju dengan tren ini menganggap mengonsumsi air garam bisa membersihkan tubuh dari racun atau detox serta meningkatkan energi.

Pendiri Practical Nontoxic Living, Sophia Gushee adalah salah satu yang sudah menguji tren kesehatan ini. Ia mengonsumsi larutan air garam selama seminggu penuh. Kemudian ia mengaku merasakan kulitnya menjadi lebih bersih, meningkatkan kualitas tidur dan merasa tubuhnya lebih bugar.

Apa Benar Minum Air Garam Berkhasiat? Ini Jawaban Ahli KesehatanFoto: Vinepair / Thinkstock

Baca juga : Tidak Cuma Putih, Ada Juga Garam Premium dengan Warna Pink

Tapi di lain sisi, ada ahli gizi Harley Street yakni Rhiannon Lambert yang tidak yakin dengan manfaat tren ini, apalagi dalam hal membersihkan racun dalam tubuh.

"Seringkali kita dibingungkan oleh tren baru yang kita lihat di internet, dan ini tampaknya harus membuat kita lebih berhati-hati," katanya kepada The Independent.

Lebih lanjut ia menjabarkan pengetahuannya seputar garam yang dikonsumsi. "Penelitian menunjukkan bahwa garam dalam jumlah sedang dapat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Namun, terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. "

Apa Benar Minum Air Garam Berkhasiat? Ini Jawaban Ahli KesehatanFoto: Istimewa

Ia juga menegaskan, manusia secara alami membutuhkan asupan garam. Ia menyebut ada penelitian yang menunjukkan konsumsi air garam bisa bermanfaat pada beberapa kasus masalah pencernaan.

"Penting untuk diketahui, bahwa semua manfaat kesehatan berasal dari bahan utamanya yakni air!" tegasnya. "Ada sesuatu yang harus Anda ketahui tentang detoksifikasi, beberapa bahan tambahan yang diklaim bisa menguras racun, kebanyakan adalah penipuan. Ini adalah konsep pseudoscientific yang dirancang untuk menjual barang-barang."

Sementara Wellness Mama menyatakan tidak semua jenis garam baik untuk tubuh. Hanya garam alami yang bisa memberikan manfaat, misalnya pink salt yang bersumber dari pegunungan Himalaya.

Apa Benar Minum Air Garam Berkhasiat? Ini Jawaban Ahli KesehatanFoto: Thinkstock

Baca juga : Ini 9 Tanda Anda Terlalu Banyak Konsumsi Garam (1)

Ahli nutrisi Frida Harju-Westman juga berkeyakinan bahwa hanya garam alami yang bisa memberikan dampak positif. Garam alami bahkan bisa bersifat antihistamin atau obat alergi bagi penderita hayfever.

Namun, peningkatan asupan garam yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. "Untuk menghindari ini, pastikan Anda tidak minum lebih dari satu gelas air garam per hari dan pastikan juga untuk minum banyak air," sarannya.

(adr/odi)