Biar Perut Nyaman Saat Puasa, Bikin Wedang Serai untuk Sahur dengan Cara Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 18 Mei 2018 02:33 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Minuman hangat berempah ringan bisa jadi pilihan buat sahur. Seperti wedang serai yang hangat dan kaya khasiat. Yuk, bikin sendiri!

Serai atau sereh merupakan rempah berbentuk batang tanaman. Aromanya wangi segar seperti jeruk. Ada semburat rasa pedas hangat mirip jahe. Meskipun sering digunakan sebagai pelengkap bumbu karena aromanya yang wangi.

Selain itu serai juga hanya akan khasiat sehat yang mampu sembuhkan beragam penyakit. Muali dari anemia, menurunkan kolesterol, menyehatkan pencernaan hingga cegah diabetes.

Serai yang berupa tanaman mirip rumput ini diambil batangnya. Rempah ini mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, B, C, asam folat, seng, magnesium, tembaga, zat besi, fosfor, kalium, kalsium, serta mangan.

Baca Juga : Redakan demam hingga flue Ini 9 Khaisat Sehat Minum Teh Serai

Unutk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa meraciknya menjadi teh serai atau wedang serai. Caranya cukup mudah, ikuti saja langkah ini.

Biar Perut Nyaman Saat Puasa, Bikin Wedang Serai untuk SahurFoto: iStock

1. Batang Serai
Pilih batang serai yang besar dan tua. Potong sekitar 12 cm dari ujungnya. Cuci bersih lalu memarkan bagian ujung serai hingga pecah.

2. Air
Didihkan arir secukupnya dalam panci. Masukkan batang serai, rebus beberapa saat hingga susut seperempat bagian. Jika suka bisa ditambahkan 1-2 iris jahe. Angkat dan saring air serai lalu tuang dalam cangkir.

Biar Perut Nyaman Saat Puasa, Bikin Wedang Serai untuk SahurFoto: iStock

3. Pemanis
Sajikan teh serai atau wedang jahe ini dengan gula batu, gula aren atau madu secukupnya. Nikmati selagi hangat. (odi/odi)
Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa

Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa