Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Bad Mood

Devi Setya - detikFood Sabtu, 05 Mei 2018 15:30 WIB
Foto: Daily Mail
Jakarta - Suasana hati yang buruk ternyata bisa dipengaruhi dari makanan. Ada beberapa makanan yang secara ilmiah terbukti bikin bad mood.

Dilansir dari This Is Insider, Rachel Kelly, seorang ahli kesehatan mental sekaligus penulis "The Happiness Diet" mencari tahu apa saja makanan yang membuat bad mood. Setidaknya ada 7 jenis makanan yang harus dihindari jika tak ingin suasana hati jadi kacau.

1. Minuman soda diet
Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Bad MoodFoto: Thinkstock
Pemanis buatan dalam minuman soda diet mengandung asam amino yang disebut fenilanin. Dalam beberapa penelitian ilmiah, seperti National Institutes of Health, fenilalanin telah terbukti menghambat produksi serotonin yakni enzim yang berpengaruh pada suasana hati.

2. Sereal
Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Bad MoodFoto: Reuters/Kelloggs
Sereal banyak diandalkan sebagai menu sarapan yang digadang-gadang bisa memberikan energi. Tapi alih-alih energi, sereal justru mengandung gula yang tinggi namun cepat menurun dalam gula darah. Ketika kadar gula darah turun di bawah normal, hormon stres dilepaskan dan dapat merubah suasana hati.

Baca juga : Sedang 'Bad Mood'? Nikmati Makanan Ini Agar Bisa Segera Ceria Lagi


3. Makanan manis
Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Bad MoodFoto: Istimewa
Lagi-lagi makanan yang mengandung gula seperti kue-kue dan donat. Selain tinggi gula, makanan manis juga kadang mengandung pewarna buatan. Inilah yang sering dikaitkan pada berkurangnya sensitifitas seseorang serta membuat anak-anak menjadi lebih hiperaktif.

4. Makanan cepat saji
Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Bad MoodFoto: Istock
Asam lemak dalam makanan cepat saji sering dikaitkan pada efek depresi. Terutama kentang goreng yang banyak mengandung lemak trans yang mengganggu keseimbangan omega-3 dalam tubuh.

Penelitian dari University of Pittsburgh Medical Center menunjukkan bahwa rendahnya tingkat asam lemak dikaitkan dengan pesimisme, depresi, dan emosi.

5. Margarin dan mentega
Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Bad MoodFoto: iStock
Pada dasarnya lemak trans pada margarin dan mentega adalah lemak murni. Tetapi kandungannya ini mempengaruhi suasana hati orang.

Baca juga : 6 Makanan Anti Bad Mood


6. Camilan gurih
Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Bad MoodFoto: Istimewa
Camilan gurih seperti keripik kentang mengandung MSG yang dalam kadar berlebih bisa membuat sakit kepala. Sekantung keripik kentang mengandung banyak MSG dan perasa makanan yang memicu sakit kepala hingga lemah dan merasa lelah.

7. Makanan kalengan
Jangan Sering Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Tak Alami Bad MoodFoto: Thinkstock
Kacang dan makanan yang dikemas dalam kaleng bukan hanya mengandung MSG tapi juga tinggi garam. Beberapa penelitian seperti dari Yale School of Medicine menunjukkan kandungan sodium yang berlebih akan mengganggu area otak yan (sob/odi)