Minumlah Teh Saat Sarapan untuk Dapatkan 5 Khasiat Sehat Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 23 Apr 2018 07:21 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teh hangat biasa dijadikan pelengkap sarapan. Ini karena teh sejak berabad silam diakui punya banyak khasiat sehat untuk tubuh.

Teh merupakan minuman kedua yang paling banyak diminum orang di dunia. Setiap hari lenih dari 165 juta cangkir teh dikonsumsi warga dunia. Bukan hanya sekedar menghilangkan dahaga dan menghangatkan tubuh, teh juga punya banyak khasiat. Karenanya banyak orang memilih minuman ini sebagai pendamping sarapan.

Memiliki banyak khasiat sehat untuk tubuh, teh dianjurkan oleh banyak ahli untuk dikonsumsi di pagi hari bahkan sepanjang hari. Dilansir dari berbagai sumber, ini 5 khasiat teh untuk kesehatan.


Minumlah Teh Saat Sarapan untuk Dapatkan 5 Khasiat Sehat IniFoto: iStock

1.Melepaskan stres
Studi yang dilakukan oleh UCL menyebutkan teh dapat menurunkan kadar kortisol. Hormon stres yang berkontribusi pada lemak perat dan membuat kulit menua. Studi yang dipublikasikan di Psychopahrmacology menenukan orang yang minum teh bisa lepas dari stres lebih cepat, dibandingkan mereka yang tidak minum teh tiruan.

Sementara mereka yang minum teh hitam 4 kali sehari atau 6 kali seminggu punya kadar hormon stres lenih rendah, saat mereka dihadapkan pada kondisi stres. Dibandingkan dengan mereka yang minum teh tiruan.

2. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke
Peneliti di Boston University School of Medicine, meneliti 70 orang dengan pembuluh arteri koroner yang 70% terblok. Setelah mereka minum teh hitam selama 4 minggu, pembuluh darah bersungsi kambali 50%. Disimpulkan minum teh dapat mencegah penyakit arteri dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Ini karena teh mengandung flavonoid, komponen tanaman yang bersungsi sebagai antioksidan, mencegah terbentuknya plak pada pembuluh arteri.

Minumlah Teh Saat Sarapan untuk Dapatkan 5 Khasiat Sehat IniFoto: iStock

3. Mencegah kanker
Para peneliti di Rutgers University menidentifikasi komponen dalam teh hitam yang diketahui sebagai theaflavin-3'-monogallate, atau TF-2 yang menyebabkan sel kanker kolekteral hancur dengan sendirinya tanpa merusak sel normal.

4.Bisa meningkatkan memori, fokus dan konsentrasi
Mau presentasi pagi ini? Minulah secangkir teh saat sarapan. Riset menunjukkan kombinasi kafein dan L-Theanine, asam amino yang terdapat pada teh dapat meningkatkan daya konsentrasi dan memori.

Minumlah Teh Saat Sarapan untuk Dapatkan 5 Khasiat Sehat IniFoto: iStock

5.Menurunkan kadar kolesterol darah
Kadar kolesterol darah tinggi? Seringlah minum teh. Studi di Journal of Nutrition menyebutkan konsumsi teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada orang dewasa. Studi dilakukan pada 15 orang yang minum teh hitam selama 3 minggu. Mereka menemukan minum 5 cangkir teh hitam setiap hari dapat menurunkan total kolesterol hingga 6.5%

(odi/odi)