Katanya Minum Kopi Bikin Wajah Berjerawat, Ini Penjelasannya

Devi Setya - detikFood Kamis, 12 Apr 2018 04:49 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Pola makan bisa jadi penyebab timbulnya jerawat di wajah. Tapi benarkah mengonsumsi kopi juga bisa memicu jerawat?

Semua orang pastinya ingin memiliki kulit yang bersih dan mulus tanpa jerawat. Tapi kadang jerawat membandel ini selalu muncul dan mengganggu penampilan.

Dilansir dari Food Ndtv (11/4) penyebab timbulnya jerawat sangat banyak salah satunya polusi dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kalau segala jenis perawatan sudah dicoba namun tak berhasil, tandanya Anda harus lebih memperhatikan pola makan.

Baca juga : Apa Benar Sering Minum Kopi Sebabkan Tubuh Dehidrasi?

Katanya Minum Kopi Bikin Wajah Berjerawat, Ini PenjelasannyaFoto: iStock
Beberapa makanan yang memicu timbulnya jerawat antara lain makanan pedas, produk susu, roti dan gorengan. Tapi yang mengejutkan, kabarnya kopi juga jadi salah satu pemicu hadirnya jerawat.

Menurut praktisi kesehatan dan ahli nutrisi makrobiotik, Dr. Shilpa Arora ND, "Jerawat bisa semakin memburuk karena asupan kopi yang berlebihan, namun bukan penyebab utamanya. Pasalnya jerawat dipicu oleh ketidakseimbangan hormon. 'Orang harus menghindari makanan mengandung banyak gula. Bersihkan juga buah dan sayuran sebelum dikonsumsi," ungkap Dr. Shilpa.

Untuk menghindari jerawat yang tidak diinginkan, Anda hanya perlu mengubah sedikit asupan kopi Anda. Kopi mengandung sifat kimia yang meningkatkan hormon stres yang cenderung meningkatkan asupan kalori. Inilah yang memperburuk jerawat.

Sementara menurut Konsultan dan Ahli Nutrisi Dr. Rupali Datta, "Kopi adalah diuretik alami. Mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat menyebabkan dehidrasi karena kadar asam cenderung naik. Semakin asam maka semakin dehidrasi tubuh Anda."

Baca juga : Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Apa Benar?

Katanya Minum Kopi Bikin Wajah Berjerawat, Ini PenjelasannyaFoto: iStock
Asupan kopi berlebihan juga dapat mengeluarkan vitamin esensial dan mineral larut dalam air dari tubuh. Sehingga menyebabkan dehidrasi yang selanjutnya dapat memicu jerawat.

Ketika proses menghidrasi alami tubuh terhambat, hal ini juga menyebabkan kembung. Jadi, lebih baik membatasi asupan kopi Anda untuk mencegah jerawat membandel yang tidak diinginkan. (dvs/odi)