Mau Bikin Jus untuk Sarapan? Tambahkan 4 Buah yang Kaya Nutrisi Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 02 Apr 2018 07:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jus buah merupakan salah satu alternatif terbaik untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral. Jenis jus buah apa yang baik untuk sarapan?

Asupan nutrisi dari buah segar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah juga mengandung phytoprotein termasuk antioksidan. Para ahli menyebutkan bahwa belum ada bukti jika jus buah lebih menyehatkan dari makan buah utuh.

Tetapi pilihan jenis buah ini bisa jadi alternatif sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di pagi hari. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 4 jenis buah segar yang bisa And apilih untuk lengkapi sarapan.


Mau Bikin Jus untuk Sarapan? Tambahkan 4 Buah yang Kaya Nutrisi IniFoto: iStock


1.Bit

Jika pagi ini Anda punya jadwal kegiatan yang paday, sebaiknya konsumsi jus bit saat sarapan. Sebuah penelitian yang dilakukan Unibersity of Exeter London menyebutkan jus bit dalat menaikkan stamina, juga bisa meningkatkan waktu latihan olahraga hingga 16%. Jus bit akan memperlebar pembuluh darah hingga aliran darah leih lancar dan menurunkan tekanan darah.

2.Nanas

Lindungi Kulit dari paparan sinar UV dengan buah yang manis segar ini. Kecuali itu nanas juga bisa menambah sistem kekebalan tubuh terhadap penyakiit. Researchers from the Queensland Institute of Medical Research, Australia tahun 2005 menyebutkan enzim dalam buah nanas juga bisa mencegah tumor dan melemahkan sel kanker.


Mau Bikin Jus untuk Sarapan? Tambahkan 4 Buah yang Kaya Nutrisi IniFoto: iStock

3. Buah berries
Dalam bekerja dan belajar perlu daya konsentrasi tinggi. Aneka buah berry yang laya akan ORAC (oxygen radical absorbance) diperlukan oleh otak. Studi yang dilakukan oleh Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging, Tufts University, menemukan makanan dengan ORAC dap at mencegah kehilangan memori dan melindungi sel otak dari kerusakan. Juga penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4. Buah jeruk
Sejak lama penelitian menyebutkan jika vitamin C dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dap at mencegah peradangan, flu hingga penyakit jantung. Karenanya lengkapi sarapan dengan jus jeruk (beragam jenis jeruk) dan tomat untuk tambahan asupan vitamin C. (odi/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat