Makanan Ini Perlu Dikonsumsi dan Dihindari untuk Hilangkan Selulit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Mar 2018 10:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selulit jadi 'musuh' utama wanita karena mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, ternyata bisa dimulai dari menghindari dan mengonsumsi makanan tertentu.

Penulis buku Eat Well Look Great, Dr Sarah Brewer memberi tips soal menghilangkan selulit. Dikutip dari Daily Mail (20/3), selulit atau dalam bahasa medis disebut hydrolipodystrophy adalah kulit lesung di area penyimpanan lemak tertentu di tubuh.

Selulit terbentuk ketika sel-sel lemak di pinggul, paha atau bokong kelebihan beban. Hasilnya guratan-guratan putih menjalar di bagian-bagian itu.

Makanan Ini Perlu Dikonsumsi dan Dihindari untuk Hilangkan SelulitFoto: Getty Images

Ternyata selulit juga berhubungan dengan konsumsi makanan. Dr Sarah mengatakan pentingnya mengonsumsi dan menghindari makanan tertentu untuk atasi selulit.

Poin utama adalah memilih makanan rendah lemak. Pilih bahan makanan yang sealami mungkin. Mengonsumsi makanan dengan bahan kimia tambahan bisa memicu pembentukan selulit.

Selain itu, perbanyak konsumsi makanan berbasis tumbuhan. Pasalnya makanan berbasis hewani mengandung hormon yang mempengaruhi perkembangan selulit. Perbanyak juga konsumsi karbohidrat utuh seperti nasi cokelat, gandum, dan kacang-kacangan.

Makanan Ini Perlu Dikonsumsi dan Dihindari untuk Hilangkan SelulitFoto: iStock

Makan ikan tinggi omega 3 juga berdampak bagus pada sirkulasi dan kelembutan membran sel kulit. Sehingga menjauhkan risiko selulit.

Sebaliknya, hindari makanan tinggi karbohidrat olahan. Kurangi konsumsi produk dengan tepung terigu, cake, biskuit dan lainnya. Mengurangi garam juga penting untuk menghindari selulit.

Terakhir, hindari makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Termasuk daging olahan seperti sosis dan burger. Pemanis tambahan juga berkaitan dengan pembentukan selulit sehingga hindari makanan yang manisnya tidak alami.

(adr/odi)