Ingin Turunkan Berat Badan dengan Makan Es? Coba Ikuti Diet Es

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 25 Jan 2018 14:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Pola diet ini menganjurkan Anda makan es. Bagaimana es bisa bantu turunkan berat badan. Ini penjelasannya!

Tubuh ideal jadi dambaan banyak orang. Banyak yang menginginkan langsing tanpa berolahraga. Jadi menjalani diet sudah pasti jadi pilihan satu-satunya. Tapi pernahkah Anda mencoba diet es?

Seorang pria asal Amerika Serikat bernama Dr. Brian C. Weiner adalah pencetus diet es ini. Ia juga menulis buku elektronik berjudul 'The Ice Diet', lansir Food NDTV (23/1).

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Makan Es? Coba Ikuti Diet Es Foto: Getty Images

Baca Juga: Diet Ramen Hingga Diet Permen,Diet Aneh Untuk Turunkan Berat Badan (1)

Bagi pecinta es, diet ini mungkin menyenangkan untuk dilakukan. Pasalnya diet ini mengharuskan Anda makan es dalam jumlah banyak. Anda harus mengonsumsi es minimal satu litef per harinya dibarengi dengan makanan sehat.

Makan es dinilai bisa tingkatkan metabolisme tubuh. Karena tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk melelehkan es di dalam tubuh. Dengan makan es dalam jumlah banyak, tubuh akan merasa kenyang. Hal ini bisa mengurangi asupan makanan di tubuh. Berdasarkan buku elektronik yang ditulis Dr Wiener, menelan satu liter es bisa membakar 160 kalori.

Diet es ini meningkatkan metabolisme basal tubuh. Saat Anda menelan es dalam jumlah besar, tubuh akan langsung memanaskan es agar bersuhu sama dengan tubuh. Tapi Anda jangan hanya memakan es. Diet es ini perlu didampingi dengan konsumsi makanan sehat lainnya.

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Makan Es? Coba Ikuti Diet Es Foto: Istimewa

Berdasarkan penelitian yang dimuat di jurnal medis 'The Annals of Internal Medicine', diet es yang dibarengi dengan konsumsi makanan sehat bisa bantu turunkan berat badan. Tapi, jangan terlalu banyak mengonsumsi es karena bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Bisa menyebabkan batuk dan pilek hingga merusak gigi.

Jika ingin mencoba diet es ini, Anda bisa mengikuti cara berikut ini untuk menambah porsi es dalam makanan harian.

1. Tambahkan es pada air minum

Minum air es setelah makan ternyata bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga bisa bantu menurunkan berat badan. Kebiasaan ini sebenarnya sudah banyak dilakukan masyarakat. Tapi tidak ada efeknya karena tidak dibarengi dengan konsumsi makanan sehat.

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Makan Es? Coba Ikuti Diet Es Foto: Thinkstock


2. Tambahkan es pada teh

Tidak masalah jika ingin menambahkan es batu pada teh hijau atau teh kesukaan yang tawar jika sedang menjalani diet ini. Teh dan es dinilai bahan alami yang bisa turunkan nafsu makan.

Sekali lagi, diet ini dinilai akan berhasil jika dibarengi dengan makan makanan sehat lainnya. Jadi, jangan hanya banyak memakan es batu saja.

Baca Juga: Kalau Mau Langsing dan tetap Sehat, Ikuti 3 Aturan Diet dari Ahli Nutrisi Ini

(adr/odi)