​Sudah Terbukti Tak Benar, 5 Mitos Makanan Ini Tetap Saja Dipercaya​

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 19 Jan 2018 14:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Beragam hal masih dipercaya bakal sehatkan tubuh. Dari pola makan vegan hingga tidak memakan kuning telur.

Hidup sehat jadi dambaan banya orang. Jika tubuh sehat, beragam aktivitas bisa dengan mudah dikerjakan. Banyak tips yang dibagikan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Ada yang benar, ada pula yang hanya mitos. Berikut adalah 5 hal yang diketahui banyak orang namun ternyata tidak benar lapor Food NDTV (17/1)

1. Sayur yang dikukus dengan microwave tidak sehat

Sudah Terbukti Tak Benar, 5 Mitos Makanan Ini Tetap Saja DipercayaFoto: GettyImages
Penggunaan barang elektronik yang satu ini membuat hidup lebih praktis. Anda bisa menghangatkan atau pun memasak hanya dengan menekan tombol oven microwave.

Tapi banyak yang bilang kalau mengukus sayur dengan microwave bisa mengurangi gizi yang terkandung dalam sayur. Sebenarnya ada trik yang bisa Anda lakukan dalam hal mengukus sayuran menggunakan microwave. Trik ini tidak akan menghilangkan gizi yang ada pada sayuran.

Masukan air hingga hingga menutupi sayuran. Baru kemudian panaskan dalam microwave. Hal ini dinilai bisa membuat mineral dan vitamin dalam sayuran tidak berkurang.

2. Bahan organik lebih menyehatkan

Sudah Terbukti Tak Benar, 5 Mitos Makanan Ini Tetap Saja DipercayaFoto: Thinkstock
Tren makanan sehat membuat populer bahan makanan berlabel organik. Dari mulai nasi hingga camilan organik dapat dengan mudah dibeli di restoran dan supermarket. Tapi jangan makan bahan organik terlalu banyak.

Mungkin Anda berfikir jika camilan yang Anda makan ini tak masalah dikonsumsi dalam jumlah banyak karena berlabel organik. Hal ini bisa membahayakan tubuh. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Baca Juga: Pola Diet Dengan Puasa Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

3. Salad jadi pilihan utama menu sehat

Sudah Terbukti Tak Benar, 5 Mitos Makanan Ini Tetap Saja DipercayaFoto: Istock
Sayuran yang ada pada salad memang menyehatkan. Tapi bagaimana dengan bahan lainya? Seperti mayonnaise misalnya. Krim yang terbuat dari putih telur dan mustard ini mengandung lemak dan jumlah kalorinya besar.

Makanan dengan kalori tinggi ini ternyata lebih berbahaya dibandingkan makanan yang digoreng. Sebaiknya kurangi atau bahkan tidak menggunakan mayonnaise sama sekali untuk campuran salad.

4. Kuning telur tidak sehat

Sudah Terbukti Tak Benar, 5 Mitos Makanan Ini Tetap Saja DipercayaFoto: iStock
Bahan yang satu ini mudah sekali Anda dapat. Harganya juga terjangkau. Namun ternyata telur mengandung kolesterol yang tinggi. Tapi rendah lemak. Kabar baiknya, jika Anda makan telur saat sedang diet, tidak akan mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Ini berarti tidak meningkatkan resiko Anda terkena serangan jantung atau pun penyakit lainnya.

5. Jadi vegetarian bisa turunkan berat badan

Sudah Terbukti Tak Benar, 5 Mitos Makanan Ini Tetap Saja DipercayaFoto: iStock
Siapa bilang jika menjadi vegetarian, tubuh akan langsing dengan sendirinya. Berat badan vegetarian juga bisa naik karena makanan yang mereka konsumsi. Walaupun menjadi vegetarian, bukan berarti tidak makan makanan yang mengandung lemak. Contohnya saja mac and cheese yang mengandung lemak lebih banyak dari pada ayam panggang.

Baca Juga: Berat Badan Pria Ini Turun 15 KG Dengan Makan Es Krim Selama 100 Hari (dwa/odi)