Mau Meracik Salad yang Sehat? Ikuti 5 Tips Ahli Nutrisi Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 15 Jan 2018 19:35 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Cara paling efektif berdiet adalah meracik salad sendiri. Karena tak perlu dimasak, Anda bisa meracik salad sendiri dengan tips ahli gizi ini.

Tak bisa dipungkiri racikan salad siap santap biasanya mengandung gula 'tersembunyi' pada saus atau bahan toppingnya. Agar lebih terukur, enak dan hemat, paling tepat meracik salad sendiri.

Tak usah ragu mencoba karena sebagian besar bahan salad adalah bahan segar, Anda tak perlu banyak waktu untuk membuatnya. Ashleigh James, ahli nutrisi dari jaringan gerai salad 'Sumo Salad' memberikan tipsnya seperti dilansir dailymail (11/1) berikut ini.

1. Pilih sayuran hijau gelap sebagai dasar salad
Mau Meracik Salad yang Sehat? Ikuti 5 Tips Ahli Nutrisi IniFoto: Istock

Ashleigh menyarankan untuk memilih sayuran berwarna hijau gelap sebagai dasar salad, seperti kale, selada air, rocket atau bayam. Karena sayuran ini kaya akan phytonutrien, antioksidan dan serat. Juga banyak mengandung air serta rendah kalori. Bahkan menurut riset tahun lalu, jika rutin mengonsumsi jenis sayuran ini bisa mencegah dementia saat tua.

2. Racik salad yang tinggi protein dan serat
Mau Meracik Salad yang Sehat? Ikuti 5 Tips Ahli Nutrisi IniFoto: Istock
Banyak orang khawatir jika makan salad akan tidak cukup kenyang. Karenanya perlu memilih bahan salad yang tinggi protein dan serat.

Bisa memakai tofu, salmon, telur, kacang-kacangan dan daging. Bahan-bahan ini rendah indeks glikemik dan memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Gunakan sebanyak mungkin sayuran berwarna
Mau Meracik Salad yang Sehat? Ikuti 5 Tips Ahli Nutrisi IniFoto: Istock
Makin berwarna sayuran makin menyehatkan. Jadi jangan hanya memakai satu jenis sayuran saja.

Bayam, wortel, bit, tomat, ubi, alpukat dan kol merah sangat baik. Jangan terpaku pada jenis sayuran yang populer saja. Padu padankan sesuai selera sehingga Anda tak bosan menyantapnya.

4. Pertimbangkan asupan makronutrien yang merata
Mikronutrien berupa variasi protein, lemak dan karbohidrat yang perlu diasup dengan seimbang. Agar tubuh ramping dan sehat.

Pastikan salad mengandung karbohidrat komplkes seperti beras merah, quinoa dan umbi-umbian. Kemudian tambahkan protein dan selingi dengan daging dan sayuran. jangan lupa masukkan juga lemak sehat seperti alpukat dan kacang.

Perciki sedikit minyak olive dan biji-bijian juga bisa jadi pilihan enak menyehatkan.

5. Pisahkan selalu saus salad
Mau Meracik Salad yang Sehat? Ikuti 5 Tips Ahli Nutrisi IniFoto: Istock
Jika membawa bekal salad, selalu pisahkan salad dengan sayuran. Dengan cara ini Anda bisa mengontrol jumlahnya, mencampurkan secukupnya dalam racikan salad. Jika akan membuat sendiri, racik saus dari air jeruk lemon, cuka apel dan sedikit minyak olive. (dvs/odi)