Tanpa Garam, Masakan Tetap Enak dengan 4 Bahan Ini

Devi Setya - detikFood Sabtu, 13 Jan 2018 13:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Memasak tanpa garam bukanlah hal yang tak mungkin. Beberapa bahan bisa diandalkan sebagai penghasil rasa asin alami.

Masakan akan langsung terasa kurang lezat jika rasa asinnya kurang. Padahal dari segi kesehatan, ada baiknya mengurangi konsumsi garam. Ada solusi untuk membuat makanan lezat meskipun tanpa garam.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut empat bahan yang bisa jadi pengganti garam.

1. Bumbu yang banyak

Tanpa Garam, Masakan Tetap Enak dengan 4 Bahan IniFoto: iStock
Berbagai bumbu punya rasa yang beragam dan bila digabungkan akan menghasilkan rasa asin gurih meskipun tanpa tambahan garam.

Anda bisa memanfaatkan merica hitam, oregano atau rempah lainnya. Tambahkan takaran jahe, kunyit dan lengkuas dalam masakan juga membuat hasil hidangan lebih gurih.

2. Bumbu rasa asam

Tanpa Garam, Masakan Tetap Enak dengan 4 Bahan IniFoto: iStock
Selain rasa asin, rasa asam juga membuat masakan terasa lebih lezat. Sumber rasa asam yang bisa digunakan cukup beragam mulai asam dari cuka ataupun sumber asam alami seperti air jeruk lemon, asam jawa atau irisan belimbing wuluh.

Rasa asam membuat masakan terasa segar sehingga menggantikan rasa asin garam. Tapi tetap takarannya harus disesuaikan dengan jenis masakan.

3. Rumput laut

Tanpa Garam, Masakan Tetap Enak dengan 4 Bahan IniFoto: iStock
Menambahkan rumput laut pada masakan memang tidak banyak dilakukan. Di Jepang bahan ini jadi bahan yang sering ditambahkan untuk menambah rasa gurih. Rumput laut memiliki rasa yang gurih dan bisa dijadikan tambahan dalam berbagai masakan.

Rumput laut yang dimaksud adalah yang berbentuk bubuk atau lembaran kering. Cara menggunakannya cukup tambahkan dalam masakan sebagai pengganti garam. Rumput laut bisa ditambahkan dalam masakan kering ataupun berkuah. Taburan nori pada masakan juga membuatnya lebih beraroma gurih.

4. Ikan asin

Tanpa Garam, Masakan Tetap Enak dengan 4 Bahan IniFoto: Thinkstock
Jelas menambahkan ikan asin pada masakan adalah trik cerdas untuk mengurangi penggunaan garam. Namun cara ini tidak direkomendasikan pada semua jenis masakan.

Selain bisa menghasilkan rasa asin, ikan asin juga menyumbang rasa gurih khas yang membuat masakan lebih lezat. Jenis ikan asin yang cocok digunakan adalah yang berukuran kecil. Ikan bisa langsung dicampur dalam masakan ataupun dihaluskan bersama bumbu lainnya. Ikan asin cocok ditambahkan dalam masakan Indonesia atau Asia. (dwa/odi)