Menu Natal dan Tahun Baru

Cegah Makan Berlebih Saat Natal dengan 4 Trik Mudah Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Des 2017 11:00 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Natal saatnya menikmati aneka makanan enak. Tapi hindari makan berlebihan dengan mengikuti 4 trik ini.

Makan enak jadi agenda rutin tiap Natal. Namun melahap aneka menu makanan Natal juga harus berhati-hati agar tak mengalami food coma atau menambah berat badan.

Ada trik mudah yang bisa dipraktekkan supaya Anda terhindar dari makan berlebih atau overeating. Bisa jadi panduan sebelum Anda keburu kalap menyantap semua yang ada di meja.

1. Sarapan
Cegah Makan Berlebih Saat Natal dengan 4 Trik Mudah IniFoto: Getty Images
Percaya atau tidak, sarapan adalah trik ampuh untuk cegah makan berlebih. Jangan karena sudah tergoda aneka makanan enak, Anda jadi melewatkan sarapan. Pasalnya sarapan bernutrisi membuat tubuh tak cepat lapar dan Anda tak alami 'lapar mata.' Saat sarapan, Anda bisa melahap telur rebus, roti gandum atau sereal dengan buah yang mengenyangkan.

2. Perhatikan jenis makanan
Cegah Makan Berlebih Saat Natal dengan 4 Trik Mudah IniFoto: iStock
Beberapa acara Natal juga diisi dengan menikmati makanan prasmanan. Kondisi ini sering memicu Anda makan berlebih. Untuk membatasi asupan makanan, coba pertimbangkan jenis makanan yang sudah Anda lahap. Pilihlah makanan yang padat energi dengan kalori rendah. Sayuran, misalnya, perlu mengambil porsi banyak karena membuat kenyang dengan cara sehat.

Untuk protein seperti kalkun atau ayam, usahakan menyantapnya sekitar 1/4 bagian piring Anda saja. Pilih yang tanpa kulit alias daging saja. Untuk sausnya seperti cranberry atau gravy, tambahkan maksimal 1 sendok makan saja.

3. Bekukan sisa makanan

Cegah Makan Berlebih Saat Natal dengan 4 Trik Mudah IniFoto: iStock
Trik ini unik karena 'memaksa' Anda membekukan makanan yang tersisa. Pasalnya membiarkan makanan di meja bisa membuat Anda terpancing melahapnya kembali. Simpan sisa makanan di freezer. Keesokan harinya, Anda bisa memanfaatkan kembali makanan ini untuk dijadikan hidangan baru seperti nasi goreng dengan irisan ayam panggang sisa atau sup dari sayuran yang tersisa.

4. Pilih makanan yang disuka
Cegah Makan Berlebih Saat Natal dengan 4 Trik Mudah IniFoto: iStock
Dari banyaknya jenis hidangan yang tersedia, pilih yang benar-benar Anda suka. Hindari mencicip-cicip makanan karena kalau ternyata Anda tak menyukainya, kalori sudah terserap tubuh. Dessert seperti es atau cokelat, misalnya, masih bisa Anda nikmati. Namun batasi porsinya sedikit saja. Makan perlahan agar Anda merasa benar-benar puas.


(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com