Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet Muda

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Kamis, 21 Des 2017 09:10 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Kerutan di wajah bisa timbul akibat radikal bebas hingga bertambahnya usia. 9 makanan ini bisa bantu sehatkan kulit.

Dikutip dari Boldsky (13/12) ada berbagai makanan sehat yang bisa membantu remajakam kulit tanpa menggunakan kosmetik atau obat.

Baca juga: Tetap Sehat dan Awet Muda dengan Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini (1)

Menurut statistik, wanita cenderung lebih peduli akan masalah kesehatan kulit dibandingkan pria. Apa saja ya makannya?

1. Buah Delima
Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet MudaFoto: GettyImages

Buah berwarna merah ini memiliki banyak manfaat. Hanya dengan konsumsi 100 gram biji buah delima secara teratur dapat membantu Anda, khususnya para wanita terlihat dan akan merasa lebih muda untuk waktu yang lebih lama.

Buah ini mengandung antioksidan dan asam ellagic yang dikombinasikan untuk mengurangi kerusakan radikal bebas dan mencegah keriput serta memudarkan bintik-bintik penuaan.

2. Alpukat
Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet MudaFoto: This Is Insider
Buah lembut berwarna hijau kekuningan ini punya banyak manfaat. Selain dapat menghaluskan kulit juga dikenal menjadi buah yang direkomendasikan oleh banyak ahli gizi.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam alpukat dapat membuat kulit lebih lembab sehingga bebas dari kerut. Kandungan asam linoleat dalam alpukat dapat memberi nutrisi pada sel kulit dan mencegah degenerasi dini.

3. Telur
Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet MudaFoto: detikfood
Telur adalah makanan sarapan yang luar biasa dengan berbagai macam manfaat kesehatan. Mulai dari Anda yang ingin membangun massa otot hingga meningkatkan kekebalan tubuh, semuanya mengandalkan telur! Protein tingginya dibutuhkan untuk merawat sel rambut dan kulit agar tetap awet muda dalam waktu yang lebih lama.

4. Fenugreek
Selain digunakan untuk bumbu masakan, fenugreek adalah sejenis daun hijau yang dikemas dengan nutrisi bermanfaat bagi kesehatan kita. Antioksidan dan mineral pada daun fenugreek dapat membuat sel kulit Anda diremajakan dan mencegah degenerasi dini, sehingga memperlambat proses penuaan.

5. Blueberry
Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet MudaFoto: Thinkstock
Buah berry yang lezat juga disertai sejumlah manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol tinggi. Bluberry juga kaya akan kandungan antioksidan, sehingga bisa meningkatkan produksi kulit dan sel rambut yang lebih baru serta mencegah keriput dan garis halus.

6. Semangka
Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet MudaFoto: iStock
Buah besar satu ini memang manis rasanya dan dapat mengandung tinggi air. Semangka juga sangat baik dalam memperlambat proses penuaan, terutama pada wanita karena kaya akan potasium, vitamin C dan antioksidan, yang kesemuanya digabungkan untuk memberi makan sel kulit Anda dan mencegahnya mengalami degenerasi lebih awal.

7. Yogurt
Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet MudaFoto: iStock
Secangkir yogurt dan dadih menjadi dua bentuk probiotik yang dapat sangat membantu Anda yang ingin memperlambat proses penuaan secara alami. Mereka mengandung kalsium yang dapat memperkuat tulang dan sel kulit Anda. Selain itu dapat membuat Anda tetap merasa lebih muda untuk waktu yang lebih lama.

8. Kacang Almond
Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet MudaFoto: Thinkstock
Almond merupakan salah satu kacang yang mengandung vitamin E dan asam lemak omega-3. Nutrisi ini bergabung bersama untuk mempromosikan regenerasi sel kulit baru, sehingga memperlambat tanda fisik penuaan pada wanita.

9. Lemon
Hai Wanita! 9 Makanan Ini Bisa Bikin Awet MudaFoto: Thinkstock
Mengkonsumsi jus lemon atau menambahkan lemon ke makanan sehari-hari Anda dan bahkan menggosokkan jus lemon pada kulit Anda dapat membantu mengatasi keriput, bintik-bintik penuaan dan tanda penuaan lainnya, karena lemon kaya akan vitamin C yang juga dapat menjaga sel kulit Anda diremajakan dengan baik dan kenyang untuk waktu yang lama.

Baca juga: Tetap Sehat dan Awet Muda dengan Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini (2) (dvs/lus)