10 Pola Diet Paling Populer Sepanjang 2017 Versi Google (2)

Devi Setya - detikFood Senin, 18 Des 2017 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Situs pencarian Google baru saja merilis 10 daftar program diet paling popular 2017. Keto diet termasuk salah satunya.

Mengatur pola makan tampaknya semakin menjadi gaya hidup kaum urban. Sepanjang 2017 banyak tipe diet yang heboh jadi perbincangan publik.

Sebut saja keto diet, golo diet sampai coffee diet. Dilansir dari Delish, berikut 10 tipe diet paling dicari versi Google.

6. Keto diet
10 Pola Diet Paling Populer Sepanjang 2017 Versi Google (2)Foto: iStock
Nama keto diet merupakan singkatan dari ketogenic diet plan. Program diet ini menganjurkan pelaku dit untuk banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dengan protein sedang dan rendah karbohidrat. Artinya, konsumsi harian pelaku keto diet terdiri dari 90 gr lemak dan 20 gr karbohidrat perhari.

Sumber lemak yang dikonsumsi bisa berasal dari lemak nabati seperti alpukat dan kacang-kacangan. Saking populernya keto diet, banyak restoran hingga buku masak yang khusus diperuntukkan bagi pelaku keto diet yang ingin memasak makananya di rumah.

7. Golo diet
10 Pola Diet Paling Populer Sepanjang 2017 Versi Google (2)Foto: iStock
Golo diet termasuk program diet yang sudah dicari bahkan sejak tahun 2016 lalu. Kini popularitasnya makin melambung karena diklaim bisa mempercepat metabolisme dengan tetap menjaga insulin dalam tubuh Anda. Tipe diet yang satu ini tidak melarang pelakunya untuk makan apapun namun dalam porsi yang diatur dan mengikuti cateringnya

Sayangnya diet ini masih mengandung kontrovesi. Pakar Nutrisi Jessica Crandall mengatakan pada Women's Health. "Perusahaan di balik diet ini tidak bersedia memberikan banyak informasi dalam situsnya. Semua berisi pemasaran, klaim dan gambar makanan yang bagus yang dianggap sebagai menu diet," kata Jessica.

8. Diet The Shepherd
10 Pola Diet Paling Populer Sepanjang 2017 Versi Google (2)Foto: iStock
Orang dibalik tipe diet ini adalah pelatih pribadi Kristina Wilds. Ia membuat program diet yang memfokuskan pada konsumsi lemak organik, bukan lemak buatan manusia. Diet ini unik karena melibatkan akal sehat dan kesadaran. Misalnya, saat Anda masih kecil maka ibu Anda akan mengatakan berhenti makan ketika sudah kenyang.

Menurut seorang dokter dari Consumer Health Digest, konsep diet seperti ini terbilang efektif namun literaturnya kurang lengkap. Orang bisa menemukan rules diet ini dengan menelusuri Google.

9. Diet kopi
10 Pola Diet Paling Populer Sepanjang 2017 Versi Google (2)Foto: Istimewa
Siapa yang tak mau melakukan program diet dengan tetap mengonsumsi minuman favorit? The Coffee Lover's Diet yang ditulis Dr. Bob Arnot mengajak orang untuk minum kopi hitam panas setiap habis makan, sebelum mandi dan sebelum berolahraga. Ingat, hanya kopi hitam!

Arnot juga merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi smoothies, minuman bersoda dan perbanyak makan sayuran. Namun perlu dicatat, FDA menyarankan agar mengonsumsi setidaknya dibawah 400 mg kafein perhari. Sebuah studi dari National Center for Biotechnology Information juga menemukan fakta bahwa konsumsi kopi bahkan yang tanpa kafein bisa mengganggu lapisan perut dan memicu sakit pada lambung.

10. Mediteranian Diet
10 Pola Diet Paling Populer Sepanjang 2017 Versi Google (2)Foto: Instagram/maknyusbw
Program diet yang paling banyak dicari juga adalah mediteranian diet plan. News and World Report mengabarkan diet ini bukanlah menyantap jenis makanan tertentu melainkan ada satu set menu makanan yang harus dikonsumsi sehari-hari.

Poin penting saat mengikuti diet ini adalah perbanyak makan sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangaan, ikan segar dan seafood. Sementara konsumsi ayam dan susu dibatasi secukupnya saja. Lain lagi dengan konsumsi daging merah yang hanya boleh dimakan di momen-momen tertentu. (dvs/odi)