Agar Lebih Berstamina Saat Bercinta, Jangan Lupa Konsumsi 6 Makanan Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 16 Des 2017 11:58 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Gairah bercinta saja tak cukup. Tubuh perlu asupan nutrisi agar stamina tak mudah turun saat bercinta.

Daripada minum pil kuat, sebaiknya konsumsi bahan alami kaya nutrisi. Dikutip dalam Men's Fitness, para ahli gizi merekomendasikan 6 makanan sehat yang perlu Anda konsumsi.

Baca juga: Malas Bercinta? Coba Bangkitkan Gairah Seksual Melalui Makanan Enak Ini (1)

1. Buah dan sayuran

Agar Lebih Berstamina Saat Bercinta, Jangan Lupa Konsumsi 6 Makanan Ini!Foto: iStock

"Makanan nabati dikemas dengan tinggi nutrisi dan rendah lemak," ujar Leslie Bonci, M.P.H., R.D selaku Direktur Nutrisi Olahraga di University of Pittsburgh Medical Center. "Akibatnya, mereka dapat membantu menjaga arteri tetap terjaga dan dapat mencegah penyakit jantung serta disfungsi ereksi," jelasnya.

Pilihan yang sangat baik adalah tomat. "Studi menunjukkan bahwa tomat mengandung lycopene, komponen vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan prostat," jelas Shari Lieberman, Ph.D., seorang ahli gizi dan ahli fisiologi olahraga. Lycopene dapat diserap dengan sempurna ketika tomat sudah dimasak dengan sedikit minyak seperti saus pasta.

2. Kacang-kacangan

Agar Lebih Berstamina Saat Bercinta, Jangan Lupa Konsumsi 6 Makanan Ini!Foto: Thinkstock

Kacang-kacangan tinggi akan asam amino bernama arginin yang sangat penting untuk mensintesis oksida nitrat, senyawa dalam tubuh yang terlibat dalam menghasilkan ereksi. "Minyak dari kacang-kacangan tidak berbahaya seperti lemak jenuh atau lemak trans," tutur Lieberman. "Faktanya, studi terbaru menunjukkan bahwa kacang membantu mengurangi kolesterol.

3. Biji labu

Agar Lebih Berstamina Saat Bercinta, Jangan Lupa Konsumsi 6 Makanan Ini!Foto: iStock

"Selain menjadi sumber makanan yang tinggi akan zat besi, biji labu juga dikemas dengan nutrisi. Selain itu biji labu mengandung antioksidan berupa selenium dan vitamin E yang baik untuk arteri," jelas Bonci.

4. Minyak zaitun

Agar Lebih Berstamina Saat Bercinta, Jangan Lupa Konsumsi 6 Makanan Ini!Foto: iStock

Lemak jenuh dan lemak trans bisa menyempitkan arteri, akan tetapi lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam minyak zaitun, dapat membantu menjaga agar tetap berfungsi dengan baik.

5. Olahan gandum

Agar Lebih Berstamina Saat Bercinta, Jangan Lupa Konsumsi 6 Makanan Ini!Foto: Istimewa

Vitamin E bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan seperti buah alpukat, tapi sumber yang lebih baik dan sangat bagus adalah olahan gandum. "Ini dapat membantu menjaga arteri tetap sehat," kata Lieberman.

6. Tiram

Agar Lebih Berstamina Saat Bercinta, Jangan Lupa Konsumsi 6 Makanan Ini!Foto: Istimewa

Tiram selama berabad-abad dikenal sebagai makanan yang bisa optimalkan gairah seksual. Ini dikarenakan tiram mengandung zinc yang penting untuk fungsi reproduksi dan seksual laki-laki. Akan tetapi jika Anda memakannya mentah-mentah, ini bisa saja akan menimbulkan reaksi negatif jika tiram tersebut telah terkontaminasi. Untuk itu, sebaiknya konsumsi tiram dalam keadaan matang.

Baca juga: 6 Makanan Ini Terpercaya Sebagai Penambah Stamina Pria Agar Tak Cepat Loyo (adr/odi)