Ini 5 Cara Siasati Asupan Makanan Agar Berat Badan Tak Naik

Devi Setya - detikFood Senin, 11 Des 2017 08:46 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Beragam jenis makanan harus dikonsumsi tiap hari. Sebaiknya pilih makanan tertentu agar berat badan tak terpicu naik.

Rasa enak gurih dan manis makanan membuat banyak orang lupa akan kandungan kalorinya. Beberapa makanan bisa tetap dikonsumsi dengan pengganti yang sama enak tetapi lebih rendah kalori.

Menurut Boldsky (10/12) 5 makanan ini bisa diganti dengan makanan lain agar turunkan asupan kalori.

Ini 5 Cara Siasati Asupan Makanan Agar Berat Badan Tak NaikFoto: Getty Images

1. Perbanyak makan ikan
Orang masih menjadikan daging merah dan ayam sebagai sumber utama protein hewani. Padahal dengan mengonsumsi ikan, orang akan jauh lebih sehat. Daging sapi menempati urutan tertinggi soal kandungan kalori, dalam sepotong steak sapi minimal mengandung 230 kalori dan 14 gram lemak.

Dengan mengonsumsi ikan, terutama jenis ikan laut Anda hanya mengasup 80 kalori dan 1 gram lemak untuk sepotong ikan panggang. Ini bisa jadi cara memangkas asupan kalori dalam tubuh.

2. Pilih popcorn sebagai camilan
Saat santai atau saat menonton film, orang akan cenderung menyantap makanan ringan. Keripik masih jadi snack andalan padahal jika dilihat jumlah kalorinya, satu kantong keripik kentang mengandung 150 kalori dan 10 gram lemak.

Ganti camilan dengan popcorn karena olahan jagung ini mengandung kalori yang jauh lebih rendah. Dalam satu mangkuk popcorn mengandung 31 kalori dan bebas lemak.

Ini 5 Cara Siasati Asupan Makanan Agar Berat Badan Tak NaikFoto: Rocketnews/ Getty Images

3. Buat soda sendiri
Minuman bersoda kemasan kaleng masuk sebagai satu minuman ringan pemicu obesitas. Satu kaleng minuman bersoda mengandung 140 kalori dengan gula tinggi. Solusinya adalah minum minuman bersoda hasil racikan sendiri.

Campurkan air dingin atau es batu, jus lemon, daun mint segar dan gula bebas kalori. Anda bisa menikmati minuman ini sepuasnya tanpa khawatir berat badan akan naik.

4. Jadikan buah sebagai dessert
Sebagian orang masih memilih kue manis sebagai pencuci mulut. Semua dessert memiliki kalori yang tak tanggung-tanggung. Seperti es krim, dalam seporsi es krim mengandung 500 kalori dan 16 gram lemak. Cobalah ganti dessert dengan buah-buahan segar. Buah mengandung kalori rata-rata 50-70 kalori. Rasa buah yang manis dan segar juga cocok dijadikan dessert.

Ini 5 Cara Siasati Asupan Makanan Agar Berat Badan Tak NaikFoto: Istimewa

5. Kurangi kuning telur
Bagian terlezat dari telur adalah kuningnya. Tapi dalam sebutir kuning telur mengandung 59 kalori, sementara bagian putihnya hanya 16 kalori. Cara terbaik mengurangi asupan kalori, jangan terlalu sering konsumsi kuning telur. (dvs/odi)