Kumur dengan 5 Bahan Alami Ini Agar Mulut Sehat dan Nafas Segar

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 09 Des 2017 17:50 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kebersihan gigi dan mulut amatlah penting. Selain dengan pasta gigi, racikan alami juga bisa membuat mulut harum dan nafas segar.

Biasa orang mengandalkan cairan obat kumur (mouth wash) untuk membunuh bakteri yang ada pada mulut. Namun ternyata cairan ini dapat membunuh enzim alami dalam mulut.

Mikrobioma yang ada di mulut merupakan hal yang amat penting. Karena bisa melancarkan sistem pencernaan. Jika Anda sering menggunakan obat kumur, sistem pencernaan bisa terganggu.

Obat kumur yang dijual di pasar mengandung alkohol. Hal ini bisa menyebabkan mulut kering. Jika mulut Anda kering, akan muncul bau mulut. Air liur mengatur keseimbangan pH di mulut. Mulut Anda kering karena produksi air liur berkurang. Hal ini menyebabkan terbentuknya bakteri jahat di mulut.

Jika tidak ingin mendapat efek samping dari obat kumur beralkohol, Anda bisa membuat obat kumur berbahan herbal sendiri. Berikut beberapa resep obat kumur alami yang dilansir NDTV (6/12).

1. Obat kumur kayu manis dan cengkeh
Kumur dengan 5 Bahan Alami Ini Agar Mulut Sehat dan Nafas SegarFoto: Istimewa

Siapkan satu gelas air hangat. Lalu masukkan 10-15 tetes minyak kayu manis dan minyak cengkeh ke dalamnya. Kemudian aduk hingga merata. Kini obat kumur kayu manis dan cengkehnya dapat langsung Anda gunakan. Obat kumur ini tak hanya membantu Anda melawan bau mulut tapi juga mencegah gigi berlubang.

2.Obat kumur cuka apel
Kumur dengan 5 Bahan Alami Ini Agar Mulut Sehat dan Nafas SegarFoto: Istimewa
Tuangkan dua sendok makan cuka apel, satu cangkir air garam dan minyak esensial vanila ke dalam mangkuk dan campur hingga rata. Simpan campurannya ke dalam botol dan berkumur-kumurlah dengan cairan ini. Obat kumur ini dapat mencegah produksi dahak berlebih.

3. Obat kumur peppermint dan tea tree oil
Kumur dengan 5 Bahan Alami Ini Agar Mulut Sehat dan Nafas SegarFoto: Istimewa
Siapkan botol minum dan tambahkan satu cangkir air hangat, dua sendok teh soda kue, 8-9 helai daun peppermint dan dua tetes tea tree oil.
Campur semua bahan hingga rata. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda mengocok botol minum. Karena soda mengendap di bagian bawah
botol. Saat Anda berkumur-kumur dengan obat kumur ini, pastikan jangan sampai tertelan.

4. Obat kumur daun peterseli dan mint
Kumur dengan 5 Bahan Alami Ini Agar Mulut Sehat dan Nafas SegarFoto: Istimewa
Siapkan blender dan masukkan dua sendok makan peterseli, dua sendok makan daun mint, satu cangkir air dan satu sendok makan vodka (opsional). Proses hingga halus. Sebelum dituangkan ke wadah, saring dahulu cairannya. Gunakan stoples kecil untuk menaruh cairan obat kumur ini dan tutup dengan rapat. Anda hanya perlu satu sendok cairan obat kumur ini untuk berkumur.

5. Obat kumur air garam
Kumur dengan 5 Bahan Alami Ini Agar Mulut Sehat dan Nafas SegarFoto: Istimewa
Ini adalah obat kumur sederhana yang hanya membutuhkan satu cangkir air, satu sendok makan garam dan satu setengah sendok teh soda kue.
Campur semua bahan hingga merata dan tuangkan ke dalam botol. Air garam memang terkenal ampuh untuk membersihkan mulut.

Berkumur-kumurlah dengan ramuan ini selama 2- 3 menit untuk mendapatkan hasil maksimal.


(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com