7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Nov 2017 18:25 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teh juga bisa jadi minuman diet yang bantu turunkan berat badan. Ada 7 jenis teh yang paling efektif membantu usaha diet menurut ahli gizi.

Dikutip dari Womens Health (27/11), sebuah penelitian terbaru di European Journal of Nutrition menemukan konsumsi teh hitam bisa bantu menghadirkan prebiotik untuk bakteri ramah di usus. Perubahan bakteri pada usus ini ternyata memberi pengaruh positif untuk usaha penurunan berat badan.

Bukan hanya teh hitam, beberapa jenis teh juga memiliki manfaat yang sama. Ada senyawa dalam teh yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi usaha penurunan berat badan. Tentunya diimbangi dengan pengaturan pola makan dan olahraga. Berikut paparannya menurut ahli gizi.

1. Teh hijau

7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Ada beberapa bukti menunjukkan teh hijau seperti teh hitam bisa bantu menurunkan berat badan karena kandungan antioksidannya. Antioksidan bernama catechins tersebut ada pada daun teh hijau. "Catechins pada teh hijau bisa menstimulasi sistem saraf simpatik untuk meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi (penguraian) lemak," ujar ahli gizi Stefanie Mendez.

Ahli gizi Jennifer McDaniel merekomendasikan setidaknya minum 4 cangkir teh hijau (bukan decaf) per hari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Termasuk khasiat teh hijau untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Teh putih

7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: GettyImages

Teh putih atau white tea tidak melalui proses oksidasi seperti teh hitam atau teh hijau. Karenanya jenis teh ini mengandung catechins dalam jumlah tinggi. "Catechins dalam teh putih bisa meningkatkan metabolisme dan mendorong hilangnya lemak perut dan berat badan," ujar McDaniel. Sama seperti teh hijau, kombinasi catechins dan kafein bekerja sama secara sinergis untuk menurunkan berat badan. Pilihlah teh putih yang ada kafeinnya.

3. Teh chamomile

7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: Getty Images

Racikan teh bunga chamomile juga cocok diminum mereka yang sedang diet. "Flavonoid dalam teh chamomile bisa memicu relaksasi dan membuat seseorang tidur lebih cepat," jelas McDaniel. Seperti diketahui, gangguan tidur akan menghambat proses penurunan berat badan. Sebaiknya minum teh chamomile sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

4. Teh oolong

7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Seperti teh hijau dan hitam, teh oolong juga mengandung polifenol yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. "Teh oolong bisa membantu menurunkan kadar lemak dan mengurangi berat badan lewat cara meningkatkan metabolisme lemak," ujar MEnces. Beberapa penelitian kecil juga menunjukkan minum teh oolong bisa meningkatkan metabolisme sekitar 3%, meski harus diteliti lebih lanjut apakah efek ini hanya jangka pendek atau panjang.

5. Teh peppermint

7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: GettyImages/Telegrah

Sejak lama teh peppermint dikaitkan dengan kesehatan pencernaan karena bantu memubat otot intestin dalam tubuh lebih rileks. Tapi ada manfaat lain teh peppermint sebagai teh diet karena sifatnya yang menekan nafsu makan. Sebuah penelitian bahkan membuktikan ketika seseorang menghirup peppermint tiap dua jam, ia otomatis makan 2.800 kalori lebih sedikit tiap minggunya.

6. Teh dandelion

7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Selain chamomile, teh dandelion juga bantu usaha diet karena senyawa di dalamnya meningkatkan produksi urin. Teh ini bagus diminum saat seseorang merasa kembung akibat makan makanan tinggi sodium. Dengan berkurangnya air dan garam dalam tubuh, berat air dalam tubuh seseorang bisa berkurang. Meski efek ini hanya bertahan sementara dan tidak mempengaruhi penurunan berat badan atau kehilangan lemak secara keseluruhan.

7. Teh rooibos

7 Racikan Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Jenis teh ini mengandung flavonoid bernama aspalathin yang bantu meningkatkan penurunan berat badan. McDaniel menjelaskan, "Aspalathin bisa bantu menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan resistensi insulin." Menurutnya jika resistensi insulin naik, karbohidrat dimetabolisme lebih efisien sehingga karbohidrat bisa dipakai untuk menghasilkan energi bukan penyimpanan lemak."

(adr/adr)