Jus hingga Granola Sering Dianggap Sehat, Padahal Tidak Sepenuhnya Benar (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 25 Nov 2017 11:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pelaku hidup sehat harus lebih hati-hati memilih makanan. Tidak semua makanan sehat ternyata benar-benar sehat.

Makanan yang dimaksud mencakup sereal, makanan bebas gluten, keripik sayuran hingga granola. Mengapa makanan tersebut dinilai tak sepenuhnya sehat? Business Insider (14/11) merangkum alasannya seperti berikut.

6. Smoothie kemasan

Siapa suka beli smoothie kemasan atau botolan? Sama halnya seperti jus, minuman yang dianggap sehat ini sering kali tinggi gula dan kalori. Smootie kemasa juga tidak banyak mengandung serat atau proteon. Tak heran usai menenggak smoothie kemasan, Anda bisa langsung lapar lagi.

Jus hingga Granola Sering Dianggap Sehat, Padahal Tidak Sepenuhnya Benar (2)Foto: Istimewa

7. Keripik sayuran

Keripik sayuran dianggap jadi alternatif sehat dari keripik kentang biasa. Padahal dalam segi lemak, kalori dan protein, keripik sayuran tak ubahnya keripik kentang biasa. Untuk pilihan terbaik adalah tidak memilih sayuran yang digoreng. Coba kentang rebus dengan hummus yang lebih kaya serat serta protein.

8. Sandwich isi selai kacang dan strawberry

Peanut butter jelly atau sandwich isi selai kacang dan strawberry ternyata juga kurang menyehatkan. Ini karena selai kacang kemasan kerap kali tinggi gula dan kalori. Selai kacang juga sering kali tidak tinggi protein sehingga hanya mengangung selai kacang dan garam.

Belum lagi selai strawberry yang jadi olesan roti. Selai ini juga tinggi kalori dan gula yang tidak akan mempertahankan kenyang lebih lama.

Jus hingga Granola Sering Dianggap Sehat, Padahal Tidak Sepenuhnya Benar (2)Foto: Tim Boyle

9. Granola

Siapa sangka camilan sehat granola ternyata tak benar-benar menyehatkan. Banyak granola tinggi kandungan gula dan kalori. Satu porsi penyajian granila tak jarang mengandung gula sama seperti 4 sereal batangan. Belum lagi kalau Anda menikmati granola dengan madu atau sirup. Kandungan gulanya juga akan lebih tinggi. (lus/adr)