Mau Berat Badan Cepat Turun? Coba Saja 10 Racikan Jus Buah Ini! (1)

Nailatul Fadhillah - detikFood Jumat, 24 Nov 2017 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menambahkan jus segar dalam daftar makanan sehari-hari, diyakini dapat bantu percepat penurunan berat badan.

Keinginan untuk menurunkan berat badan mungkin masih sulit dipenuhi oleh sebagian orang. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan bentuk ideal, biasanya dengan jalan mengurangi porsi makan.

Padahal hanya dengan menambahkan menu jus segar ke dalam daftar makanan sehari-hari, terbukti dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Asalkan jusnya dibuat dengan 100 persen buah asli tanpa tambahan gula ya.

Dilaporkan oleh NDTV (22/11), beberapa jus berikut ini tidak hanya membantu menurunkan berat badan tapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Baca juga: Pola Diet dengan Puasa Lebih Efektif Turunkan Berat Badan?

1. Jus Wortel

Mau Berat Badan Cepat Turun? Coba Saja 10 Racikan Jus Buah Ini! (1)Foto: Getty Images

Wortel rendah kalori dan penuh serat, sehingga akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jus wortel juga dikenal dapat meningkatkan sekresi empedu yang membantu dalam membakar lemak sehingga membantu penurunan berat badan. Tambahkan apel, setengah jeruk dan beberapa jahe untuk membuat minuman detoks yang akan membersihkan semua racun di dalam tubuh.

2. Jus Pare

Mau Berat Badan Cepat Turun? Coba Saja 10 Racikan Jus Buah Ini! (1)Foto: Istimewa

Minum jus pare secara teratur dapat merangsang hati untuk mengeluarkan asam empedu yang diperlukan untuk metabolisme lemak. Apalagi pare sangat rendah kalori. Per 100 gram, pare hanya mengandung 17 kalori.

3. Jus Mentimun

Mau Berat Badan Cepat Turun? Coba Saja 10 Racikan Jus Buah Ini! (1)Foto: Istimewa

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, jus timun juga rendah kalori. Karena kandungan air dan seratnya yang tinggi, jus mentimun akan membuat Anda kenyang lebih lama. Padukan mentimun dengan jeruk nipis dan tambahkan beberapa daun mint agar jus terasa menyegarkan.

4. Jus Amla

Mau Berat Badan Cepat Turun? Coba Saja 10 Racikan Jus Buah Ini! (1)Foto: Istimewa

Jus ini membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap lancar sepanjang hari dan mempercepat metabolisme. Metabolisme yang lebih cepat membantu membakar lemak dengan cepat. Lebih disarankan untuk minum jus amla pada saat perut kosong. Tambahkan setetes madu sebagai bentuk gula alami yang akan membuat Anda tetap aktif dan berenergi sepanjang hari.

5. Jus Delima

Mau Berat Badan Cepat Turun? Coba Saja 10 Racikan Jus Buah Ini! (1)Foto: Istimewa

Selain bagus untuk kulit dan untuk mengembalikan cahaya alaminya, jus delima juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut Ahli Manajemen Berat Badan yang berbasis di Delhi, Dr. Gargi Sharma, "Delima kaya akan antioksidan, polifenol dan asam linolenat terkonjugasi yang membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme. Jus buah delima juga membantu menekan nafsu makan."

Baca juga: Agar Berat Badan Turun Lebih Cepat, Rajinlah Minum Jus Buah dan Kopi Hitam (lus/lus)