Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (1)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Rabu, 22 Nov 2017 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kimchi, makanan tradisional Korea Selatan, dibuat dari fermentasi sayuran yang diberi bumbu pedas. Banyak manfaatnya bagi tubuh lho ternyata.

Masih rayakan Kimchi Day, Anda bisa menikmati sajian Kimchi dengan paduan nasi hangat. Dikabarkan dari Organic Facts, ada 10 manfaat dari mengonsumsi kimchi. Salah satunya adalah melancarkan pencernaan, mengatur kolesterol hingga menurukan berat badan.

Baca juga: Doyan Kimchi? Ini 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

1. Melancarkan pencernaan

Kimchi merupakan makanan yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, kimchi adalah sumber probiotik antisemitisme dari proses fermentasi. Proses fermentasi dari kimchi tidak hanya meningkatkan rasa, tapi juga menciptakan bakteri sehat. Bakteri Lactobacillus dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga usus.

Makanan ini terbuat dari sawi putih yang sudah dikenal untuk kualitas detoksifikasi dan membantu tubuh dalam menyingkirkan limbah dan racun. Kimchi juga membantu dalam membersihkan usus serta merangsang asimilasi nutrisi agar lebih optimal. Kandungan serat yang hadir di kimchi juga dapat membantu dalam menstabilkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (1)Foto: iStock

2. Mengatur kolesterol

Konsumsi kimchi dengan rutin mendapatkan efek menguntungkan pada tingkat kolesterol. Bawang putih, yang digunakan untuk sajian kimchi ini kaya akan allicin dan selenium.

Allicin merupakan komponen yang dikenal dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dengan demikian akan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Selenium juga memberikan efek perlindungan pada dinding-dinding arteri dengan mencegah penumpukan plak dan mengurangi ancaman aterosklerosis. Sebuah studi investigasi telah menganjurkan kimchi yang difermentasi untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (buruk).

3. Mengandung antioksidan

Lalu, kimchi juga kaya akan antioksidan seperti fenol dan flavonoid yang hadir di dalamnya dan berfungsi memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif dan melindungi tubuh dari efek berbahaya dari oksigen radikal bebas.

Makan Kimchi Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Berat Badan (1)Foto: iStock

4. Ringankan penyakit dermatitis atopik

Kehadiran bakteri lactobacillus pada kimchi tidak hanya dapat meningkatkan rasa. Tapi juga menjangkau efek terapi di berbagai penyakit kulit seperti dermatitis atopik dengan meningkatan kadar vitamin E dalam antibodi dan edema.

Sebuah studi yang dilakukan telah menunjukkan bahwa bakteri sehat yang ada dalam fermentasi kimchi bisa mencegah pertumbuhan pada tungau atau virus yang menyebabkan infeksi kulit dan membantu dalam mengurangi peradangan.

5. Berat badan

Seperti telah disebutkan, kimchi adalah sumber bakteri sehat lactobacillus yang memanfaatkan tubuh untuk berfungsi sehat. Bakteri baik ini juga membantu dalam penurunan berat badan dengan mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah.

Kandungan serat yang hadir di dalamnya membuat tubuh Anda terasa kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan berlebihan.

Sebuah studi yang dilakukan pada pasien gemuk telah divalidasi karena efek menguntungkan dari kimchi fermentasi pada tubuh terhadap indeks massa tubuh (BMI). Lemak tubuh menjadi parameter terjadinya risiko sindrom metabolik.

Baca juga: Produsen Kimchi di China Berencana Ekspor 1.000 Ton Kimchi ke Korea Selatan (lus/lus)