Sedang Flu? Sebaiknya Jangan Makan Es Krim dan Pizza (1)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Selasa, 14 Nov 2017 19:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Cuaca dingin membuat tubuh rentan terkena flu. Agar tak makin parah, sebaiknya hindari beberapa makanan ini agar produksi lendir tak semakin banyak.

Saat tubuh sedang menurun sistem imunitasnya, flu ataupun batuk dapat dengan mudah menyerang siapa saja. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin C memang dapat membantu redakan flu. Akan tetapi, beberapa makanan ternyata tidak dianjurkan dikonsumsi saat flu. Seperti yang dikutip dalam The Daily Meal (07/11).

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

1. Alkohol

Ketika sedang flu, sebaiknya jangan minum wine atau minuman manis lainnya. Kombinasi antara gula dan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan juga peradangan. Selain itu, konsumsi wine saat flu juga dapat memperburuk sistem imun dan berpotensi adanya interaksi buruk terhadap obat yang diminum.

Sedang Flu? Sebaiknya Jangan Makan Es Krim dan Pizza (1)Foto: iStock

2. Pisang

Buah pisang juga termasuk ke dalam daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama hidung Anda masih tersumbat. Karena buah pisang dapat memicu respons histamin yang meningkatkan produksi lendir dalam tubuh Anda.

3. Keju

Keju merupakan produk dari susu. Produk olahan susu dapat meningkatkan produksi lendir dan dapat menambah parah kondisi batuk Anda. Maka ketika batuk sebaiknya hindari produk olahan susu seperti es krim, yoghurt, keju, dan telur.

Sedang Flu? Sebaiknya Jangan Makan Es Krim dan Pizza (1)Foto: Thinkstock

4. Kopi

Pada saat flu, tubuh memerlukan asupan cairan yang lebih banyak. Karena cairan adalah salah satu bagian yang paling penting dari proses pemulihan Anda. Anda sebaiknya mempertimbangkan konsumsi kafein saat flu sedang menyerang.

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari minum kopi selama flu agar tubuh tidak terdehidrasi. Ganti dengan banyak minum air putih minimal 2 liter sehari. Selain itu, dehidrasi dapat memperburuk gejala flu serta memperpanjang durasi penyakit Anda.

5. Es krim

Es krim memiliki banyak kandungan susu dan gula. Asupan yang kaya akan gula bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan lebih menyebabkan peradangan.

Sedang Flu? Sebaiknya Jangan Makan Es Krim dan Pizza (1)Foto: Istimewa

6. Makanan yang mengandung MSG

Banyak sekali makanan yang menggunakan MSG. Monosodium glutamat atau MSG umum digunakan sebagai penyedap rasa berbagai masakan. Makanan ini yang sangat harus Anda hindari jika ingin cepat sembuh dari penyakit flu.

Baca juga: 7 Makanan Paling Baik Dikonsumsi Saat Sakit (lus/lus)
Load Komentar ...