Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 14 Nov 2017 17:32 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyak orang meminum kopi di pagi hari. Perut mereka bahkan masih kosong saat menyesap minuman berkafein ini. Amankah kebiasaan ini?

Secangkir kopi hangat jadi menu sarapan banyak orang. Minum kopi dianggap sebagai alarm yang mampu membuat mereka 'melek.' Sayangnya minum kopi dalam keadaan perut kosong kerap menimbulkan efek samping.

Dikutip dari Today (11/11), ahli gizi Madelyn Fernstrom dan Kristin Kirkpatrick menjelaskan soal aman atau tidaknya konsumsi kopi dalam keadaan perut kosong untuk kesehatan. Hal ini rupanya berbeda-beda pada orang bergantung pada kondisi kesehatannya.

Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong?Foto: Getty Images

Baca Juga: Ini 6 Tanda yang Menunjukkan Anda Terlalu Banyak Minum Kopi

"Ini adalah pilihan personal. Tiap orang harus memutuskan apakah minum kopi di pagi hari bisa mereka terima atau tidak. Faktanya ada yang tidak alami masalah, namun ada juga yang bermasalah. Yang terpenting adalah mengenal tubuh kita sendiri," ujar Fernstrom.

Fernstrom menjelaskan secara alami kopi mengandung asam. Minuman ini juga dapat menstimulasi produksi asam di perut. Karenanya orang dengan masalah lambung rentan terkena efek negatif dari konsumsi kopi saat perut mereka kosong.

Menurut Fernstrom, jika seseorang tak alami masalah apapun saat menenggak kopi di pagi hari, maka ia tak mempermasalahkan kebiasaan ini. Tapi kalau ada efek negatif, sebaiknya jangan lagi minum kopi saat perut kosong.

Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong?Foto: iStock

Kafein sendiri tidak berhubungan dengan kandungan asam pada kopi. Jadi memilih kopi rendah kafein tidak atasi masalah. Yang paling tepat untuk mereka yang punya masalah asam lambung adalah memilih kopi rendah asam.

Baca Juga: Ternyata Minum Kopi Dua Cangkir Sehari Membuat Orang Lebih Sehat

Atau bisa juga dengan mengonsumsi sedikit makanan sebelum minum kopi. Kirkpatrick menjelaskan hal ini bisa bantu kurangi gejala iritasi perut yang mungkin timbul usai menenggak kopi langsung.

Kebanyakan orang yang minum kopi di pagi hari, baik dalam keadaan perut kosong atau tidak, tidak alami debar menurut Fernstrom. Karena kopi umumnya mengandung tak lebih dari 300-400 mg kafein yang merupakan batas aman konsumsi kafein harian.

Amankah Konsumsi Kopi dalam Keadaan Perut Kosong?Foto: iStock

Bagi beberapa orang yang sensitif kafein, minum kopi sedikit saja bisa munculkan efek negatif. Solusi terbaiknya adalah kurangi konsumsi kopi di pagi hari atau hindari sama sekali.

Kirkpatrick menyimpulkan, "Saya bilang pada pasien saya, untuk semua makanan dan minuman, untuk memperhatikan tubuh mereka. Itu adalah cara terbaik untuk menentukan apakah sesuatu seperti kopi cocok Anda konsumsi atau tidak."

(adr/adr)
Load Komentar ...