Pencinta Teh, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hitam di Pagi Hari

Nailatul Fadhillah - detikFood Jumat, 10 Nov 2017 09:57 WIB
Foto: detikFood/iStock Foto: detikFood/iStock
Jakarta - Kebiasaan minum kopi di pagi hari mulai ditinggalkan. Banyak orang beralih ke teh hitam yang rendah kafein dan punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Konsumsi kafein berlebih tak baik bagi tubuh, hal inilah yang membuat konsumsi kafein dalam jangka panjang perlu dihindari. Meski demikian bagi para pecinta kafein yang mungkin tak bisa benar-benar lepas, bisa menggantinya dengan minuman lain yang kadar kafeinnya lebih rendah dan memiliki manfaat untuk tubuh.

Teh hitam jadi pilihan tepat untuk menggantikan kopi. Teh mengandung kafein, namun lebih rendah dan baik meski dikonsumsi dalam jangka panjang. Dikutip dari Spoon University (1/11), ini 5 manfaat baik mengonsumsi teh hitam di pagi hari.

1. Mengandung antioksidan

Pencinta Teh, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hitam di Pagi HariFoto: iStock/detikFood

Antioksidan yang banyak terkandung dalam teh memiliki banyak manfaat yang diantaranya dapat menghilangkan nyeri otot, meremajakan kulit, dan melawan penyakit. Minuman ini mampu menjaga kesehatan Anda tetap prima. Studi bahkan menunjukkan beberapa antioksidan kandungannya lebih tinggi dalam teh hitam daripada teh hijau.

2. Menyegarkan nafas

Pencinta Teh, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hitam di Pagi HariFoto: iStock

Antioksidan yang terkandung dalam teh hitam bisa membunuh bakteri mulut, sehingga nafas Anda akan menjadi lebih segar. Beberapa ilmuwan juga meyakini bahwa antioksidan ini bisa mencegah gigi berlubang.

3. Membersihkan Kulit

Pencinta Teh, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hitam di Pagi HariFoto: iStock

Anda perlu sedikit sentuhan teh hitam untuk menyehatkan kulit. Antioksidan akan membantu Anda memiliki kulit sempurna. Tidak hanya melawan radikal bebas, namun meremajakan sel kulit. Jika mengalami kantung mata bengkak atau memiliki wajah berjerawat, coba atasi dengan meletakkan kantong teh hitam. Teh hitam bisa memberikan hasil perawatan kulit yang lebih baik dari pada menggunakan chamomile.

4. Meredakan stres

Pencinta Teh, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hitam di Pagi HariFoto: Thinkstock

Memiliki banyak pekerjaan dan tuntutan jadi beban berat bagi sebagian orang sehingga rentan terkena stres. Studi menunjukkan minum teh hitam sangat membantu mengurangi stres, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Teh hitam terbukti mengurangi hormon stres kortisol. Semakin sedikit kortisol yang merajalela melalui pembuluh darah Anda, semakin kecil pula risiko untuk terkena penyakit jangka panjang seperti masalah pada jantung.

5. Minuman penyemangat yang baik di pagi hari

Pencinta Teh, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hitam di Pagi HariFoto: detikFood/iStock

Di pagi hari, insting pertama biasanya adalah menyeduh secangkir kopi, namun sebaiknya Anda perlu mengganti kebiasaan menyeduh kopi dengan teh hitam. Hal ini karena kafein dalam kopi yang tidak begitu bagus jika dikonsumsi secara berlebihan. Teh hitam sendiri memiliki lebih sedikit kafein daripada kopi, sehingga memberi dorongan yang lebih halus di pagi hari. Secangkir kopi diseduh secara teratur dapat mengandung 95 sampai 165 miligram kafein. Sebaliknya, secangkir teh hitam yang diseduh biasanya mengandung antara 25 sampai 48 miligram kafein.

Jika ingin membuat perubahan kebiasaan minum kopi secara halus, gantilah dengan scangkir teh hitam yang manfaatnya cukup sulit untuk diabaikan. Hal ini baik untuk tubuh dalam jangka panjang.

(adr/adr)
Load Komentar ...