Kecuali Minum Air, Anda Juga Perlu Asupan Air dari Makanan Ini

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 25 Okt 2017 19:23 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Rutin minum air putih 8-10 gelas setiap hari bisa menghidrasi tubuh. Selain itu, konsumsi makanan kaya akan air ternyata juga bisa bantu penuhi kebutuhan tubuh.

Asupan air sangat penting bagi kesehatan. Karena tubuh tidak benar-benar memiliki penampungan air tetap. Terus berkurang melalui kencing dan keringat.

Baca juga: Agar Tak Kekurangan Cairan, Ini Cara Mengatur Kebutuhan Air Minum Harian

Pasokan air yang memadai membantu menjaga kelancaran fungsi beberapa proses tubuh. Seperti menjaga keseimbangan elektrolit, mencegah sembelit, memasok oksigen, nutrisi ke tubuh dan otak, memfasilitasi pencernaan, membuang limbah serta racun ke luar tubuh.

Dehidrasi atau kekurangan air tidak hanya akan mempengaruhi berbagai proses tubuh. Tetapi juga akan memicu masalah seperti kulit kering, rambut rontok, kelelahan, penurunan tingkat energi, kurang fokus, dan lain-lain.

Kecuali Minum Air, Anda Juga Perlu Makan Air dari Makanan IniFoto: iStock


Selain dengan cara minum air, buah dan sayuran yang dikonsumsi secara teratur ternyata dapat jadi pengganti penuhi kebutuhan air sehari-hari. Artinya, ketika Anda tidak dapat menghabiskan 8-10 gelas air putih yang direkomendasikan setiap hari, menambahkan buah dan sayuran kaya air dalam makanan akan menjadi jalan lain agar tetap terhidrasi.

Dilansir dari SmartCooky (24/10), seorang pakar Ayurveda bernama Dhanvantri Tyagi mengatakan, "Perlu dicatat bahwa kita juga mengkonsumsi air melalui berbagai sumber lain, berupa buah-buahan, sayuran, teh, kopi, lentil, susu dan lainnya. Sama seperti minum terlalu sedikit air yang membahayakan tubuh, terlalu banyak minum juga memiliki efek buruk pada kesehatan kita."

Beberapa makanan berikut diketahui mengandung banyak air, sehingga baik dimasukkan dalam daftar pola makan Anda.

Kecuali Minum Air, Anda Juga Perlu Makan Air dari Makanan IniFoto: Istimewa


1. Melon
Tak dapat disangkal, melon sarat dengan air. Buah ini juga sangat menghidrasi dan menyegarkan.

2. Sitrus
Dari mosambis, jeruk, grapefruit, kinu hingga lemon sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini juga bisa meningkatkan stamina tubuh dan memberi nutrisi kaya air ke tubuh Anda.

Baca juga: Agar Tak Dehidrasi, Begini Cara Benar Penuhi Kebutuhan Air Selama Berpuasa

Kecuali Minum Air, Anda Juga Perlu Makan Air dari Makanan IniFoto: Istimewa

3. Tomat
Tomat bisa dimasukkan dalam salad, sandwich atau dimakan begitu saja. Bahan makanan ini berdampak baik untuk kulit, rambut, tulang dan jantung Anda. Kandungannya sarat akan antioksidan dan air.

4. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, juga kaya akan kandungan air. Hal inilah yang menyebabkan seikat besar bayam hanya menghasilkan semangkuk kecil sayuran saat dimasak.

Kecuali Minum Air, Anda Juga Perlu Makan Air dari Makanan IniFoto: Istimewa


Dehidrasi dapat membahayakan kesehatan Anda. Pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik dengan bantuan makanan dan air minum. Selain air putih, Anda juga bisa beralih ke minuman lain yang menghidrasi dan bagus untuk pencernaan. Seperti jus mentega, jus buah segar, air kelapa, dan lain-lain. (msa/odi)