Kalau Mau Langsing, Tambahkan Jamur Dalam Menu Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 23 Okt 2017 06:47 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sayuran ini teksturnya empuk juicy dan kaya nutrisi. Jamur sangat bagus dikonsumsi saat sarapan, terutama jika sedang turunkan berat badan.

Belakangan ini alpukat menjadi makanan sehat yang populer di dunia. Dimakan saat sarapan dengan roti panggang untuk lemak sehatnya. Asupan ini memberi rasa kenyang lebih lama. Demikian juga dengan jamur. Karenanya sangat dianjurkan makan jamur saat sarapan untuk mengontrol berat badan.

Sebuah studi terbaru dipublikasikan di jurnal Apetite, lapor metro.uk (22/10). Dalam studi ini disimpulkan bahwa sarapan jamur lebih memuaskan daripada daging merah.

'Studi terdahulu tentang jamur menyebutkan jamur lebih memuaskan daripada daging merah. Tetapi efeknya dengan protein belum dipelajari hingga sekarang,' ungkap profesor Joanne Slavin dari University of Minnesota.

Seperti para studi sebelumnya, studi ini mengindikasi adanya keuntungan nutrisi dan rasa kenyang dengan mengganti daging dengan jamur dalam beberapa jenis makanan atau mengganti daging seluruhnya dengan jamur.

Kalau Mau Langsing, Tambahkan Jamur Dalam Menu SarapanFoto: Getty Images

Hal ini dibuktikan dengan memberikan sekelompok orang 226 gram jamur champignon putih dan daging merah 28 gram. Keduanya memiliki jumlah protein yang sama. Selama 10 hari, 17 wanita dan 15 pria diberi 2 porsi jamur atau daging cincang. Ukurannya berdasarkan kandungan protein yang sama.

Peneliti menemukan mereka yang makan jamur untuk sarapan hanya merasa sedikit lapar, merasa lebih kenyang dan ngemil lebih sedikit sepanjang pagi. Dibandingkan dengan yang tidak makan jamur.

Baca Juga : Rutin Konsumsi Jamur Bisa Turunkan Kolesterol dan Kuatkan Tulang

Menyantap 225 jamur akan terasa lebih banyak dan mengenyangkan daripada makan 28 g daging. Orang merasa lebih puas dan kenyang. Bagi yang menjaga berat badan atau sedang menurunkan berat badan, jamur dan sayuran lain yang kaya protein menjadi kuncinya.

Kalau Mau Langsing, Tambahkan Jamur Dalam Menu SarapanFoto: iStock

Tiga setengah cangkir jamur mengandung 7 g protein dan hanya 55 kalori. Sementara daging dengan takaran sama kalorinya dua kali lipat. Tetapi masih merasa belum kenyang. Sehingga saat makan siang akan makan lebih banyak.

Jamur champignon atau jamur kancing d bisa diolah menjadi menu sarapan enak. Ditumis dengan mentega untuk isian roti panggang atau dibuat omelet.

https://food.detik.com/info-sehat/d-3509071/ini-cara-benar-memasak-jamur-menurut-peneliti (odi/odi)