Selain Menyedapkan Masakan, Bawang Merah dan Bawang Putih Menyehatkan Darah

Nailatul Fadhillah - detikFood Senin, 02 Okt 2017 14:25 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hampir setiap masakan memakai bawang merah dan putih. Selain membuat masakan sedap, bawang ini juga memberi khasiat sehat.

Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah arteri akan menegang sehingga meningkatkan risiko stroke dan penurunan fungsi ginjal. Hal ini bisa dihindari dengan konsumsi bawang.

Aorta, arteri terbesar dalam tubuh manusia, bersumber dari bilik kiri jantung. Ini membawa darah beroksigen ke seluruh bagian tubuh dalam peredaran simetik.

Jika kita mengonsumsi bubuk bawang putih sekurangnya seperempat sendok teh sehari maka akan dapat membantu mempertahankan fungsi aorta dalam tubuh. Hal ini karena bawang putih dapat memperbaiki fungsi lapisan dalam arteri, yang membantu arteri rileks.

Selain Menyedapkan Masakan, Bawang Merah dan Bawang Putih Menyehatkan DarahRutin konsumsi bubuk bawang putih bisa mempertahankan fungsi aorta (Foto: iStock)

Mekanisme perlindungan dari bawang putih saat melawan penyakit kardiovaskular pun berlipat ganda. Mencakup kombinasi anti-pembekuan, penggumpalan darah, penghambat antioksidan, tekanan darah dan dapat menurunkan kolesterol. Studi terakhir menunjukkan bahwa asupan bawang putih jangka panjang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 10 persen.

Baca juga: Selain Untuk Masak, Bawang Putih Ampuh Atasi Batuk Hingga Jerawat! (1)

Saat membandingkan penghambatan trombosit dengan bawang putih mentah dan bawang putih rebus, bawang putih tampak sekitar 13 kali lebih kuat dari pada bawang merah. Mengonsumsi bawang putih mentah tampaknya lebih baik daripada dimasak.

Ini menunjukkan bahwa bawang putih dan bawang merah bisa menjadi penghambat pembekuan darah yang lebih manjur. Jika dikonsumsi mentah atau segar daripada dimasak atau direbus.

Selain Menyedapkan Masakan, Bawang Merah dan Bawang Putih Menyehatkan DarahBawang merah mentah bisa dicampurkan ke dalam salad atau salsa (Foto: iStock)

Tak perlu takut makan bawang mentah. Karena Anda bisa memasukkan beberapa bawang mentah ke dalam salad dan salsa, saus salad, saus celup atau pesto. Anda bisa mengiris atau mencincangnya, tunggu sepuluh menit lalu gunakan untuk memasak .

Sebaiknya jangan terlalu lama memasak bawang putih. Karena jika dimasak selama lebih dari 5 menit, manfaatnya bisa saja hilang. Sebaiknya potong-potonglah bawang putih terlebih dahulu sebelum dimasak. Agar enzim dapat bekerja dan menunda hilangnya manfaat bawang putih setelah dimasak.

(adr/odi)