Olahan Daging Idul Adha

Setelah Makan Sate Kambing Disarankan Minum Jus Nanas dan Mentimun, Ini Alasannya!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 01 Sep 2017 11:56 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak yang mengatakan bahwa jus nanas dan mentimun bisa menetralisir lemak tubuh setelah konsumsi daging kambing. Apa benar?

Ini kata ahli gizi! Saat konsumsi sate kambing ataupun kari kambing, sering dipadukan bersama dengan acar dan potongan tomat segar. Dari segi kuliner keduanya memang dapat menghasilkan cita rasa yang segar karena ada sayuran seperti wortel dan mentimun yang dipadukan dengan cairan asam sehingga menyegarkan mulut.

"Kalau di gizi, itu sebagai sumber serat pangan, vitamin dan mineral sehingga lebih menyeimbangkan zat gizi selain protein dan lemak," jelas Prof. Dr. Nuri Andarwulan, Direktur SEAFAST Center.

Baca Juga : Jus Nanas Bikin Kulit Wajah Lebih Cerah dan Bebas Jerawat

Setelah Makan Sate Kambing Disarankan Minum Jus Nanas dan Mentimun, Ini Alasannya!Foto: iStock

Selain acar dan tomat, beberapa sumber juga mengatakan bahwa jus nanas dan juga timun dapat menetralisir kolesterol, apa benar?

"Kalau dimakan bersama-sama atau setelahnya memang bisa menurunkan penyerapan lemak. Tapi tidak 100 persen, karena sebagian dibawa ke usus besar,' jelas Nuri kepada detikFood (31/08). Nuri menjelaskan, tidak hanya nanas atau timun saja, hampir semua sayuran yang dikonsumsi bersamaan atau setelah makan sate atau olahan kambing lebih menurunkan penyerapan kolesterol di usus.

"Sekali makan satu porsi sate kambing untuk makan siang, sebaiknya sediakan potongan buah dan sayuran. Buahnya 100 gram dan sayuran 150 gram, kombinasikan dengan itu," ujarnya. (lus/odi)