Ini 8 Kesalahan Diet yang Membuat Berat Badan Tak Turun-Turun (2)

Regita Lorena - detikFood Rabu, 26 Jul 2017 19:43 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Untuk menurunkan berat badan perlu konsisten menjaga asupan makanan. Beberapa kebiasaan sepele bisa saja membuat berat badan sulit turun.

Tidak makan makanan berlemak, tidak ngemil dan terlalu banyak berolahraga nenjadi penyebab berat bdan sulit turun. Karenanya atur asupan makanan agar selalu seimbang dengan kalori yang dibakar.

Baca juga : Jika Ingin Sukses Bediet, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Resolusi Diet Ini

5. Tidak ngemil

Tidak ngemil.Tidak ngemil. Foto: iStock

Agar berat badan cepat menurun, penting untuk menjaga metabolisme tubuh terus-menerus sepanjang hari. Untuk ini, tubuh membutuhkan cemilan dalam porsi kecil setiap tiga atau empat jam sekali.

Saat ngemil pastikan camilan tidak mengandung banyak lemak dan kalori. Seperti yang disarankan oleh Ahli Nutrisi Makrobiotik Shilpa Arora, Idealnya, di antara sarapan dan makan siang, Anda bisa ngemil semangkuk salad dan buah. Sedangkan di antara makan siang dan makan malam, Anda bisa ngemil sedikit kacang atau sayuran mentah yang dimasukkan ke dalam roti gandum dengan mentega atau kacang.

6. Hanya mengonsumsi makanan rendah kalori

Salad sayur dan buah jadi salah makanan rendah kalori.Salad sayur dan buah jadi salah makanan rendah kalori. Foto: iStock

Melaukukan diet untuk penurunan berat badan, tidak berarti Anda hanya bisa mengonsumsi makanan yang rendah kalori. Sebenarnya, makanan saat diet harus terdiri dari makanan yang membuat kenyang lebih lama, seperti buah kaya serat dan biji-bijian.

Agar tubuh terasa lebih kenyang, konsumsilah gandum dan telur. Dengan cara ini, Anda tidak akan merasa lapar, dan dapat menahan nafsu yang menyebabkan gagalnya diet.

7. Kurang minum air putih

Minum air putih.Minum air putih. Foto: iStock

Kurang minum air putih adalah suatu kesalahan dalam melakukan diet. Air putih merupakan suatu komponen kimia utama yang membentuk sekitar 60% dari berat badan. Setiap sistem dalam tubuh bergantung dengan air, termasuk untuk memetabolisme makanan yang dikonsumsi. Kurang mengonsumsi air putih membuat tubuh dehidrasi dan lebih lambat dalam mencerna makanan.

8. Makan terlalu sedikit dan banyak berolahraga

Olahraga bisa membantu turunkan berat badan.Olahraga bisa membantu turunkan berat badan. Foto: GettyImages

Kunci penurunan berat badan adalah keseimbangan dan konsistensi. Jika mengurangi asupan kalori pada tubuh secara drastis dan mengarahkan diri pada olahraga yang ekstrim. Hal ini hanya akan akan memperlambat metabolisme dan penurunan berat badan.

Olahraga memang penting untuk kurangi berat badan berlebih. Tetapi jika latihan tidak dikombinasikan dengan asupan makanan yang sesuai, diet akan berakhir dengan kegagalan. Sesuaikanlah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan kalori yang Anda bakar saat berolahraga.

Baca juga : Gara-gara 6 Cara Sarapan Ini Diet Bisa Gagal Total (lus/odi)