Gurihnya 'Fried Chicken'

Mana yang Kalorinya Lebih Tinggi, Fried Chicken Bagian Dada atau Paha?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 20 Jul 2017 17:55 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bagian paha dan dada selalu jadi potongan yang sering dipilih. Dari segi rasa dan juga nutrisinya lebih baik mana, dada atau paha fried chicken?

Secara umum, daging ayam memiliki lebih rendah lemak dan kalori dibandingkan dengan jenis daging lainnya seperti sapi. Berbicara soal sehat, yang perlu diperhatikan adalah tergantung bagaian mana yang digunakan, bahan pelengkap dan cara memasaknya.

Baca juga: Ini Perbedaan Nutrisi Paha Ayam dan Dada Ayam

Dada ayam biasanya memiliki lebih banyak daging dibandingkan dengan paha ayam. Dagingnya lebih kering dan berserat sehingga tidak mengandung lemak. Sedangkan daging bagian paha ayam lebih basah dan juicy karena masih mengandung lemak. Dari segi rasa, banyak orang yang justru memilih paha karena rasanya lebih gurih.

Ketika paha dan daging diolah menjadi fried chicken, maka akan bertambah lemak dari minyak dan juga kalori yang berasal dari tambahan tepung terigu.

Paha ayam segar.Paha ayam segar. Foto: iStock

Dikutip dari situs Live Strong, daging paha ayam terasa lebih gurih karena mengandung lebih banyak lemak, yakni 15 gram dalam satu cup atau sekitar 225 gram daging. Dengan porsi yang sama, kandungan lemak dalam dada ayam jauh lebih rendah, yakni 5 gram. Makanya, kalori paha ayam juga lebih tinggi, yakni 293 kalori dibandingkan 231 kalori pada dada ayam.

Tak hanya lebih rendah lemak dan kalori, daging dada ayam juga lebih tinggi protein. Per cupnya mengandung sekitar 43 gram protein, sementara paha ayam 36 gram.

Fried chicken bagian dada.Fried chicken bagian dada. Foto: iStock

Berdasarkan informasi dari situs resmi KFC, seporsi daging dada fried chicken seberat 172-178 gram mengandung 350-530 kalori. Di dalamnya terkandung 20-35 gram lemak, termasuk 3,5-6 gram lemak jenuh. Selain itu, sajian cepat saji ini juga mengandung 100-120 mg kolesterol, 1.100-1.190 mg sodium, serta 30-39 gram protein.

Baca juga: Berbalut Tepung Gurih Renyah, Ayam Goreng ala Amerika Jadi Favorit

Fried chicken bagian paha.Fried chicken bagian paha. Foto: iStock

Bagaimana dengan paha fried chicken di restoran tersebut? Dalam 104-112 gram paha ayam, terkandung 270-330 kalori serta 20-23 gram lemak, termasuk 3,5 gram lemak jenuh. Kolesterolnya 100 mg, sementara sodiumnya 700-910 mg dan proteinnya 13-22 gram. Rentang angka ini berdasarkan jenis sajian fried chicken di KFC, seperti Original Recipe, Extra Crispy, dan Spicy Crispy.

Jadi bisa disimpulkan bahwa daging dada ayam relatif lebih baik dalam segi nutrisi dibanding daging paha ayam. Jika ingin lebih menyehatkan, buang kulit dan lemaknya. (lus/odi)