Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Tiap Hari Cegah Risiko Demensia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 07 Jul 2017 09:35 WIB
Foto: Ilustrasi detikFood Foto: Ilustrasi detikFood
Jakarta - Anda pencinta kopi? Ada kabar baik dari peneliti terkait manfaat rutin minum kopi. Penurunan fungsi kognitif ternyata bisa dicegah dengan minum kopi.

Perdebatan soal manfaat dan efek buruk konsumsi kopi terus berlangsung. Ada yang mengatakan kopi bermanfaat cegah penyakit, namun ada pula yang mengklaim kopi justru memicu beragam penyakit termasuk kanker, osteoporosis dan bahkan kematian.

Baca Juga: Jika Minum Minimal Dua Cangkir Kopi Sehari Bisa Kurangi Risiko Kanker Hati

Secangkir kopi punya manfaat cegah gangguan kognitif.Secangkir kopi punya manfaat cegah gangguan kognitif. Foto: Einstein Bros

Namun peneliti kini mengungkap manfaat baru rutin konsumsi kopi. Dikutip dari The Daily Meal (5/7), peneliti China melihat efek konsumsi 1-2 cangkir kopi per hari terhadap risiko gangguan kognitif ke depannya seperti demensia dan alzheimer.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Clinical Nutrition ini mengambil data dari 34000 partisipan dan merangkum hasilnya. Ternyata hubungan rutin minum kopi dengan penurunan kesehatan mental membentuk kurva huruf J.

Dengan kata lain, minum kopi dalam jumlah kecil yaitu 1-2 cangkir tiap hari mampu kurangi risiko penurunan kognitif. Meski begitu, minum lebih banyak kopi tidak berarti menurunkan lebih banyak risiko yang sama.

Baca Juga: Ini 6 Tanda yang Menunjukkan Anda Terlalu Banyak Minum Kopi

Kopi.Kopi. Foto: iStock


Penelitan sebelumnya juga menemukan hal serupa, meski jumlah kopi yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek tersebut tidak disetujui dengan suara bulat. Ada yang kukuh mengatakan setidaknya butuh minum 3 cangkir kopi per hari untuk cegah alzheimer.

Lalu berapa cangkir kopi yang sebaiknya diminum? Jika Anda ingin proteksi tambahan melawan penurunan fungai otak, minum kopi lebih banyak dianjurkan. Meski, peneliti masih ragu untuk menyimpulkan jumlah kopi yang sebaiknya diminum.

"Penelitian lebih lanjut ke depannya dibutuhkan untuk memastikan hal itu," pungkas peneliti. Tapi setidaknya kebiasaan minum kopi tiap hari baik untuk kesehatan otak. (lus/odi)