Tak Mau Keriput? Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 06 Jul 2017 17:43 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Keriput menjadi hal yang perlu ditakutkan wanita. Tentunya, makanan menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Agar keriput tak muncul, sebaiknya hindari makanan ini.

Kulit terdiri dari dua bahan penyusun yaitu kolagen dan elastin. Protein bekerja di dalam kulit agar tetap halus dan bebas kerutan. Sedangkan matahari bisa merusak kolagen sehingga menyebabkan kendur. Agar hal ini tidak terjadi, kulit wajah dan tubuh tetap sehat dan terhindar dari keriput, dengan menghindari beberapa makanan ini.

Baca juga: Irisan Mentimun Bisa Atasi Keriput dan Bengkak di Seputar Mata

1. Gula

Tak Mau Keriput? Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini!Minuman manis yang bisa sebabkan keriput. Foto: iStock

Gula dapat meningkatkan pembentukan AGEs yang dapat merusak kolagen. Serabut kolagen harus tetap dihubungkan bersama untuk membantu menjaga struktur kulit. Konsumsi gula yang terlalu banyak dapat merusak hubungan antara serat kolagen yang kemudian dapat diperburuk dengan paparan sinar UV dari matahari. Semakin kolagen rusak, semakin keriput pada kulit akan muncul.

Untuk mencegah timbulnya keriput, kurangi asupan gula dengan membatasi makanan tinggi gula seperti permen dan juga kue. Perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah.

2. Karbohidrat

Kue manis yang sebaiknya dibatasi.Kue manis yang sebaiknya dibatasi. Foto: iStock

Setelah dicerna, karbohidrat akan dipecah menjadi gula murni, akan tetapi tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Buah dan sayuran adalah karbohidrat yang punya banyak manfaat karena juga mengandung vitamin dan mineral sehingga bisa membantu cegah keriput. Karbohidrat olahan seperti roti putih hingga kue kering sebaiknya dibatasi.

Jika ingin makan nasi, Anda bisa konsumsi nasi merah diselingi dengan roti gandum agar lebih banyak mengandung serat.

3. Margarin

Margarin yang mengandung lemak dan garam.Margarin yang mengandung lemak dan garam. Foto: Getty Images/Pinterest

Margarin disebut-sebut mengandung lemak lebih rendah dibandingkan dengan mentega. Tetapi, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of The American College of Nutrition tahun 2001 menemukan bahwa orang yang rutin konsumsi margarin lebih mudah alami keriput.

Hal ini terkait dengan jenis lemak yang ditemukan di dalamnya yang cenderung meningkatkan peradangan dan dapat sebabkan peningkatan stres oksidatif. Stres oksidatif yang tidak terkontrol dapat merusak organ tubuh termasuk kulit.

4. Alkohol

Minuman beralkohol.Minuman beralkohol. Foto: iStock/Metro

Suka minum alkohol? Sepertinya Anda perlu khawatir. Pasalnya dengan sering konsumsi minuman inbi dalam jangka waktu panjang dapat menghasilkan toksik bagi tubuh dan juga dehidrasi. Ini dapat meningkatkan peradangan dan juga mempercepat penuaan. Selain dehidrasi, kulit juga akan terlihat kusam.

Baca juga: Kalau Tak Mau Kulit Cepat Keriput, Jangan Sering Makan Keripik Kentang dan Daging (2) (lus/odi)