Rupanya Jenis Makanan Ini yang Bikin Orang Sulit Konsentrasi dan Pelupa

Regita Lorena - detikFood Rabu, 05 Jul 2017 14:08 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Asupan nutrisi dari makanan sangat mempengaruhi otak untuk bekerja maksimal. Seperti kekuatan daya ingat dan daya konsentrasi.

Dikutip dalam www.byrdie.com (2/23) sebuah penelitian yang dibuat Brigham dan Women's Hospital menguji lebih dari 6.000 peserta usia paruh baya. Mereka meneliti ingatan mereka tentang makanan yang dikonsumsi selama lima tahun terakhir.

Di akhir penelitian, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh memiliki kualitas ingatan yang lebih buruk.

Rupanya Jenis Makanan Ini yang Bikin Orang Sulit Konsentrasi dan PelupaCegah Jadi Pelupa dengan Konsumsi Makanan yang Tepat (Foto: Getty Images)

Baca juga: Konsumsi Gorengan Dapat Mengganggu Otak Mengendalikan Nafsu Makan

Oleh karena itu agar daya ingat terjaga dengan baik dan daya konsentrasi maksimal, sebaiknya kurangi atau hindari asupan bahan makanan berikut ini.

1. Lemak jenuh
Makanan tinggi lemak jenuh dapat menurunkan kemampuan otak, membahayakan sel otak, dan menyebabkan Alzheimer.

Percaya atau tidak, lemak jenuh dapat mengganggu kemampuan otak untuk belajar dan membuat memori baru dalam waktu 10 menit setelah makan. Beberapa makanan tinggi lemak jenuh adalah bacon, sosis babi, mentega, dan keju.

Rupanya Jenis Makanan Ini yang Bikin Orang Sulit Konsentrasi dan PelupaKonsumsi Nasi yang Tinggi Karbohidrat Juga Berisiko Membuat Lupa (Foto: iStock)

2. Sumber karbohidrat
Sumber karbohidrat atau makanan putih seperti nasi, roti, dan pasta sering sekali kita makan dan bahkan dijadikan makanan pokok. Tetapi justru makanan putih tersebut dapat meningkatkan indeks glisemik tubuh dan meningkatkan peradangan di otak. Hal ini membuat Anda lebih sulit untuk mengingat sehingga memperburuk ingatan.

3. Minyak terhidrogenasi
Makanan ini dianggap sebagai kelompok makanan paling buruk di dunia, seperti kue yang di beli di toko dan makanan yang digoreng. Jenis makanan ini sulit dihancurkan dalam tubuh dan memiliki racun yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan Alzheimer.

Rupanya Jenis Makanan Ini yang Bikin Orang Sulit Konsentrasi dan PelupaGula Juga Memicu Peradangan Saraf yang Memicu Lupa (Foto: thinkstock)

4. Gula Tambahan
Rata-rata orang Amerika mengonsumsi 79 gula tambahan per tahun. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan juga merusak saraf.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Brain, Behavior and Immunity menemukan bahwa sejumlah besar gula dapat menyebabkan peradangan pada bagian pusat kendali memori otak dan mempengaruhi kemampuannya untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, gula juga makanan yang dapat menyebabkan depresi.

Baca juga: Tingkatkan Daya Konsentrasi dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini

(adr/odi)