Radang Tenggorokan? Redakan Sakitnya dengan Konsumsi Pisang dan Madu

Regita Lorena - detikFood Selasa, 04 Jul 2017 16:48 WIB
Foto: Boldsky Foto: Boldsky
Jakarta - Sakit tenggorokan memang sangat menyebalkan. Tapi tak perlu khawatir karna ada makanan alami yang bisa di konsumsi untuk meredakan radang.

Sakit tenggorokan atau yang biasa dikenal dengan radang tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri. Penyakit ini ditandai dengan nyeri di tenggorokan dan pada beberapa orang bisa sampai demam.

Radang tenggorokan tidak harus selalu diobati dengan obat kimia, konsumsi makanan-makanan yang kaya akan gizi yang berkhasiat meredakan radang tenggorokan.

Baca juga: Serak dan Sakit Tenggorokan? Atasi dengan Konsumsi 10 Makanan Alami Ini (1)

Dikutip dari berbagai sumber berikut ini 5 makanan yang dapat meredakan sakit tenggorokan.

1. Sup

Suup hangat pereda sakit tenggorokan.Suup hangat pereda sakit tenggorokan. Foto: detikFood/iStock

Tidak ada yang dapat mengalahkan rasa enak sup yang panas. Sejak dulu sup digunakan untuk meredakan radang tenggorokan. Sup dapat membantu pemulihan radang tenggorokan dengan memberikan kehangatan pada tenggorokan.

Sup dapat dibuat penuh gizi dengan menggunakan bahan-bahan menyehatkan seperti ayam kampung, wortel, bawang bombay, tomat, seledri, kentang, dan bawang putih.

2. Bawang putih

Bawang putih.Bawang putih. Foto: Getty Images

Bawang putih diyakini bisa menyembuhkan tubuh dari infeksi penyebab sakit tenggorokan. Bawang putih yang mengandung antibakteri dapat melawan bakteri penyebab rasa sakit dan iritasi saat sakit tenggorokan. Anda bisa mengunyah beberapa siung bawang putih mentah atau cukup tambahkan ke dalam sup agar lebih sehat.

3. Pisang

Buah pisang untuk menyembuhkan nyeri tenggorokan.Buah pisang untuk menyembuhkan nyeri tenggorokan. Foto: iStock

Teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang radang tenggorokan. Pisang yang kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti potassium dan kalsium akan membantu menyembuhkan nyeri pada tenggorokan.

4. Madu

Tambahkan madu dengan air hangat.Tambahkan madu dengan air hangat. Foto: Boldsky

Bila dicampur dengan air hangat dan air jeruk lemon, madu bisa meringankan sakit tenggorokan dan membantu memulihkan tenggorokan yang terinfeksi virus. Dengan kandungan antibakteri, minuman ini akan membasahi lapisan tenggorokan dan melawan infeksi.

5. Yoghurt

YoghurtYoghurt Foto: Thinkstock

Yoghurt yang lembut dan mudah ditelan tentu saja menjadi alternatif makanan bagi yang sedang menderita radang tenggorokan. Yoghurt mengandung bakteri alami yang berguna dalam mencerna makanan di perut dan meningkatkan nafsu makan saat anda sedang sakit. Pastikan yoghurt tidak dingin, karena jika dingin bisa memperparah radang ternggorokan.

Baca juga: Sakit Tenggorokan? Atasi Dengan Makanan Enak Ini! (lus/odi)