Kalau Sedang Berdiet, Ini 5 Minyak Sehat yang Sebaiknya Ada di Dapur Anda

Regita Lorena - detikFood Selasa, 04 Jul 2017 13:11 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Minyak goreng termasuk bahan makanan paling penting di dapur. Pilih serta gunakan minyak goreng yang sehatagar tubuh tetap sehat.

Memasak membutuhkan minyak untuk mengolah beberapa makanan seperti memasak tumisan maupun menggoreng makanan. Tetapi jangan sampai salah memilih, Anda perlu menggunakan minyak goreng dengan tepat

Baca Juga : Pilih dan Simpan Minyak Goreng dengan Cara Ini Agar Tak Mudah Tengik

Dikutip dari timesofindia (7/1) berikut ini ada 5 minyak sehat yang bisa digunakan dalam memasak, yang sebaiknya ada dalam persediaan.

1. Minyak kulit padi

Minyak kulit padi.Minyak kulit padi. Foto: iStock
Dikenal sebagai rice bran oil. minyak ini dianggap sebagai salah satu minyak yang paling sehat. Minyak kulit padi mengandung asam lipoat yang berfungsi menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi kerusakan dalam tubuh karena kelebihan gula.

Minyak kulit padi juga bisa menurunkan kadar kolesterol karena adanya komponen dalam minyak yang disebut oryzanol. Juga mengandung vitamin E alami, dan kadar antioksidan pun bagus buat kulit.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa.Minyak kelapa. Foto: iStock
Minyak ini banyak digunakan di bagian selatan India dna banyak kota kecil di Indonesia. Sayangnya minyak kelapa ini lebih dikenal sebagai bahan dari kosmetik dan minyak rambut.

Minyak ini mengandung lemak jenuh dan sangat berbeda dari minyak yang ada, karena di dalamnya terdapat minyak nabati. Minyak kelapa dianggap sebagai salah satu minyak paling serbaguna di India dan telah digunakan untuk memasak sekaligus tujuan pengobatan.

3. Minyak wijen

Minyak dari biji wijen.Minyak dari biji wijen. Foto: iStock
Minyak ini adalah minyak yang paling populer yang digunakan di India sejak zaman kuno juga di China. Minyak wijen mengandung vitamin E, B6, magnesium, kalsium, zat besi besi tingkat tinggi yang memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Minyak ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Kandungan antioksidan yang disebut sesamol dalam minyak wijen juga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, ia juga kaya akan linoleic acid, yang membantu memperlancar peredaran darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

4. Minyak biji rami

Minyak biji rami.Minyak biji rami. Foto: iStock
Minyak biji rami atau flax seed oil merupakan minyak alami yang banyak direkomendasikan sebagai sumber gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena dianggap sebagai minyak yang paling kaya dengan omega 3.

Hampir setiap sistem dalam tubuh bisa mendapatkan keuntungan dari minyak biji rami, termasuk sistem kardiovaskuler, sistem kekebalan tubuh, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem saraf, serta persendian dan salah satunya untuk kecantikan.

5. Minyak biji anggur

Minyak biji anggur.Minyak biji anggur. Foto: iStock
Minyak biji anggur atau grape seed oil tentu saja memiliki rasa yang enak. Minyak ini tinggi akan vitamin E, asam lemak omega 6, dan antioksidan alami yang dapat menjaga kolestrol dengan baik. Minyak biji anggur sangat baik untuk saraf dan otot dan juga bagus untuk kecantikan kulit.

Baca Juga : Minyak Kelapa dan Minyak Olive Bisa Kurangi Risiko Kebutaan di Usia Tua (lus/odi)