Sajian Lezat untuk Hari Raya

Puas Makan Tapi Tak Ingin Naik Berat Badan? Ikuti 5 Tips Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 25 Jun 2017 16:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Saat bersilaturahmi ke rumah keluarga atau saudara, sering kali kita terlena dengan makanan enak. Agar tetap terkontrol, yuk ikuti tips ini!

Tidak semua hidangan yang disuguhkan perlu Amda makan. Apalagi saat Lebaran, banyak makanan bersantan dan juga tinggi akan gula sehingga perlu dibatasi asupannya.

Dikutip dari beberapa sumber, ini trik mudah untuk Anda saat menikmati makanan lebaran.

Puas Makan Tapi Tak Ingin Naik Berat Badan? Ikuti 5 Tips Ini!Nastar yang Identik dengan Menu Lebaran (Foto: Instagram)

1. Selektif memilih makanan
Tak semua makanan perlu di cicip. Sebaiknya batasi makanan tinggi santan dan juga minyak agar kolesterol tetap terjaga. Jangan terlalu banyak konsumsi minuman atau makanan manis seperti kue kering ataupun cake.

2. Porsi kecil
Untuk menikmati makanan dalam porsi kecil, sebaiknya pilihlah piring berukuran kecil. Trik ini bisa dilakukan saat menikmati sajian lebaran. Selain ketupat, cara ini juga bisa dilakukan saat menikmati dessert.

3. Kurangi karbohidrat
Lontong ataupun ketupat jadi salah satu menu andalan saat Lebaran. Akan tetapi, Anda bisa membatasi asupan karbohidrat. Hal ini dikarenakan, karbohidrat membuat perut cepat penuh tapi lebih mudah lapar. Sehingga sebaiknya konsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit dan dimbangi dengan protein agar lebih sehat.

Puas Makan Tapi Tak Ingin Naik Berat Badan? Ikuti 5 Tips Ini!Jus Buah, Menu Lebaran Sehat untuk Asupan Serat (Foto: iStock)

4. Pilih minuman rendah kalori
Saat kumpul keluarga seperti ini sudah pasti minuman manis dan segar tersaji lengkap. Akan tetapi konsumsi banyak minuman manis dapat membuat berat badan naik.

Daripada menikmati sirup dingin, sebaiknya pilih minuman yang aman seperti air putih atau jus buah alami.

5. Imbangi dengan serat
Ketupat, lontong, opor, rendang hingga sayur gurih tak pernah absen saat Lebaran. Dari semua menu ini, sudah pasti tinggi lemak dan minim serat.

Agar tetap sehat, imbangi dengan konsumsi buah dan sayur untuk melancarkan sistem pencernaan. (adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com