Hati-hati Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Agar Tak Alami Diare Saat Mudik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Jun 2017 12:23 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Diare mungkin terjadi selama perjalanan mudik. Terutama jika Anda mengonsumsi makanan pemicu diare. Karenanya perhatikan 6 hal ini untuk mencegahnya.

Perjalanan mudik yang panjang kerap membuat Anda mengisi perut di jalan. Mengonsumsi bekal atau mampir ke restoranpun akhirnya jadi pilihan. Nah, agar tubuh tetap fit dan terhindar dari diare, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari menghindari jenis makanan pemicu diare hingga menjaga kebersihan diri sendiri saat bersantap di luar. Berikut informasi lengkapnya seperti dirangkum detikFood.

Hati-hati Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Agar Tak Alami Diare Saat MudikFoto: Makanan pedas memicu diare (iStock)


1. Makanan pedas
Makanan pedas adalah penyebab diare paling umum, terutama jika rasa pedas berasal dari pemakaian rempah yang tidak biasa Anda konsumsi. Makanan ini mengiritasi saluran pencernaan saat dikonsumsi. Akibatnya perut bergas, kembung, terasa terbakar dan paling parahnya diare. Cabai dan bumbu kari disebut-sebut jadi makanan pemicu diare paling umum.

2. Olahan susu
Bukan hanya membuat kembung, susu dan produk olahannya juga bisa memicu diare. Terutama bila Anda mengalami intoleransi laktosa dimana tubuh tidak punya enzim pemecah laktosa. Ini membuat susu tidak bisa dicerna tubuh dan akhirnya tubuh segera 'membuangnya' dalam bentuk diare.

Hati-hati Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Agar Tak Alami Diare Saat MudikFoto: Makanan cepat saji tinggi lemak jenuh yang sulit dicerna tubuh (iStock)


3. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji atau fast food sering jadi pilihan karena praktis dan enak. Tapi waspadai jenis makanan ini tinggi lemak jenuh yang tergolong sulit dicerna tubuh. Terlebih kandungan nutrisinya minim sehingga tubuh hanya sedikit mengekstraknya. Akhirnya, makanan cepat saji hanya sekadar 'lewat' di tubuh dan keluar dengan cepat. Usahakan tidak mengonsumsi fried chicken, burger atau kentang goreng selama di perjalanan. Kalau mampir ke restoran fast food, Anda bisa pilih sandwich dengan dada ayam panggang atau versi vegetarian untuk pilihan lebih sehat.

4. Kopi
Kafein dalam kopi bukan hanya bertindak sebagai stimulan otak, tetapi juga bisa menstimulasi sistem pencernaan. Apalagi jika ditambahkan susu atau pemanis buatan. Bukan tidak mungkin, minum segelas kopi langsung memicu diare.

Hati-hati Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Agar Tak Alami Diare Saat MudikFoto: Pilih makanan yang dimasak matang (Detikfood)


5. Pilih makanan matang
Selain menjauhi makanan pemicu diare, Anda juga harus waspada saat memilih restoran atau tempat makan di perjalanan mudik. Pilih tempat makan yang membuat hidangan baru setelah dipesan agar hidangan nantinya masih tersaji hangat. Pasalnya, makanan yang sudah lama didiamkan atau dimasak kurang matang mungkin dihinggapi bakteri penyebab diare.

6. Jaga kebersihan
Mencegah diare juga harus dimulai dari diri sendiri. Jaga kebersihan dengan selalu cuci tangan sebelum makan. Jika tidak air, gunakan tisu basah sebagai alternatif. Dengan cara ini kuman penyebab diare bisa dihindari. (msa/odi)