Jangan Lupa Makan Telur Saat Sahur! Ini Alasannya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 20 Jun 2017 03:11 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sejak dulu telur merupakan superfood yang kaya nutrisi. Karenanya dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur.

Sahur merupakan sarapan, mengisi bekal nutrisi untuk berpuasa sepanjang hari. Agar tubuh tetap cukup mendapat asupan nutrisi, banyak ahli gizi menganjurkan konsumsi telur dalam sarapan.

Kris Gunnars, BSc dalam Authority Nutrition menyebutkan bahwa nutrisi telur sangat luar biasa, Dalam sebutir telur terdapat Vitamin A, Folat, Vitamin B5, B12, B2, fosfor dan selenium. Juga vitamin D,E,K,B6, kalsium dan zinc.

Baca Juga: Apakah Aman untuk Kesehatan Makan Telur Setiap Hari?

Jangan Lupa Makan Telur Saat Sahur! Ini AlasannyaFoto: Thinkstock/Pinterest

Yang paling utama, telur mengandung 77 kalori dan 6 gram protein dan 5 g lemak sehat. Tak ada bahan makanan lain yang punya kandungan nutrisi selengkap telur.

Protein dalam telur sangat penting untuk menjaga fungsi alat tubuh. Selain itu konsumsi telur yang mengandung asam amino essensial yang juga bisa membantu menjaga berat badan dan membentuk jaringan otot yang sehat.

Baca Juga : Apa Bedanya Telur Ayam Kampung dan Negeri?


Jangan Lupa Makan Telur Saat Sahur! Ini AlasannyaFoto: Thinkstock/Pinterest

Telur juga punya skor Satiety Index yang tinggi. Indeks ini menunjukkan kemampuan makanan memberikan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori berlebihan. Karenanya menyantap sebutir telur saat sahur bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Sangat ideal sebagai santapan sahur.

Telur juga mudah diolah menjadi beragam sajian. Digoreng, direbus, omelet, orak-arik dan dijadikan campuran sup, salad hingga puding. (odi/odi)
Load Komentar ...