Selain Segar untuk Buka Puasa, Air Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Sonia Permata Basoni - detikFood Sabtu, 03 Jun 2017 08:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Manis menyegarkan. Air kelapa jadi minuman berbuka favorit. Selain itu air kelapa rendah kalori dan dapat membantu penurunan berat badan.

Jika ingin berbuka puasa dengan minuman segar tanpa kalori berlebihan, pilihlah air kelapa. Walau rasanya manis tetapi kalorinya rendah. Air kelapa telah dikenal luas untuk menggantikan mineral dan cairan yang hilang dari tubuh. Keseimbangan elektrolit dan plasma di dalam air kelapa mencegah tubuh dari dehidrasi.

Selain Segar untuk Buka Puasa, Air Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Air kelapa sendiri merupakan cairan yang berada di dalam buah kelapa. Air kelapa berbeda dengan santan, santan memiliki kalori yang tinggi dengan lemak yang banyak. Menurut Ehow (30/17), air kelapa tanpa tambahan gula.

Tiap 250 ml air kelapa mengandung 45 kalori, tanpa lemak,10 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Juga mengandung serat yang sangat membantu untuk mengendalikan rasa lapar pada saat diet. Tiap 250 ml air kelapa segar minimal mengandung 2.6 gram serat.

Selain Segar untuk Buka Puasa, Air Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Minuman segar ini juga merupakan sumber sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, kalsium, potassium, magnesium, dan mangan. Namun, jumlah kandungannya bisa bervariasi dari segar atau tidaknya air kelapa. Terutama jika mengonsumsi air kelapa kemasan.

Air kelapa juga merupakan sumber sodium yang baik, dan jumlahnya bisa bervariasi. Sodium berguna untuk menahan kadar air dalam tubuh. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi sodium dapat membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko terkena hipertensi.

Untuk itu selalu teliti membaca label di kemasan air kelapa sebelum mengonsumsinya. Lebih baik mengonsumsi air kelapa biasa atau kelapa hijau karena lebih bersih dan manis alami rasanya. (odi/odi)