Makan Mie Instan 2 Kali Seminggu Bisa Picu Sindrom Metabolik pada Wanita

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 28 Mei 2017 13:48 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Konsumsi mie instan terlalu sering bisa bahayakan kesehatan. Pada wanita hal ini terbukti membuat mereka berisiko tinggi alami sindrom metabolik.

Food Network (29/3) mengungkap studi tahun 2014 yang dilakukan peneliti Harvard School of Public Health mengenai mie instan. Peneliti menemukan wanita yang makan mie instan setidaknya 2 kali seminggu memiliki risiko 68% lebih tinggi alami sindrom metabolik.

Sindrom metabolik merupakan sekumpulan kondisi kesehatan yang mencakup peningkatan tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol tinggi, dan obesitas. Juga faktor lain yang munculkan risiko tinggi atas penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Makan Mie Instan 2 Kali Seminggu Bisa Picu Sindrom Metabolik pada WanitaFoto: iStock

"Mie instan sangat tinggi sodium," jelas ahli gizi Michelle Dudash. Penelitiannya bersama tim berlangsung di Korea Selatan dimana konsumsi mie instan di sana adalah yang tertinggi di dunia dengan lebih dari 10.700 orang berusia antara 19-64 tahun.

Dudash juga menyoroti beberapa merek mie instan yang ditelitinya mengandung 72% jumlah sodium yang dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Tak hanya itu, mie instan juga dibuat dengan tepung gandum halus, digoreng dengan minyak kelapa sawit dan hampir tidak mengandung sayuran.

Karenanya Dudash mengkategorikan mie instan sebagai sajian tidak sehat. "Tetapi salah satu merek mie instan ternama menawarkan pilihan sodium 35% lebih sedikit. Ini adalah langkah ke arah yang tepat," sambungnya.

Makan Mie Instan 2 Kali Seminggu Bisa Picu Sindrom Metabolik pada WanitaFoto: iStock

Dudash mengatakan tak mengapa konsumsi mie instan sekali-kali, tapi ia tidak menyarankan mengonsumsinya rutin. "Jikapun memakannya, coba konsumsi hanya setengah kemasan mie instan, pilih varian yang rendah sodium. Tambahkan bahan sehat ke dalamnya seperti tumisan sayuran atau protein sehat seperti daging ayam dan edamame," lanjut Dudash.

Trik lain untuk menyiasati mie instan lebih sehat adalah dengan merebus sendiri mie kering. Selanjutnya tambahkan kaldu buatan sendiri dan masukkan sayuran serta topping sehat lainnya.

(adr/odi)